alexametrics

Di Sidoarjo, Puti Beberkan Cara Dongkrak Popularitas Situs Sejarah

22 April 2018, 21:11:07 WIB

JawaPos.com – Calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno melanjutkan kampanyenya di Candi Pari, Porong, Sidoarjo, Minggu (22/4). Kunjungan tersebut adalah kampanye ajakan khususnya kepada generasi muda mengangkat wisata situs sejarah. 

Kunjungan Puti juga didampingi beberapa orang rombongan dan seorang pemandu wisata. Keduanya berkeliling di area candi peninggalan kerajaan Majapahit pada era Raja Hayam Wuruk tersebut.

“Kawasan di sekitar candi ini dapat tumbuh menjadi wisata,” kata Puti di Candi Pari, Porong, Sidoarjo, Minggu (22/4).

Menurut Puti, ada cara untuk mengembangkan lokasi wisata situs sejarah dan wilayah sekitarnya. Yakni dengan memberdayakan peran anak muda sebagai generasi milenial.

Karena, mayoritas generasi muda menyukai aktivitas di tempat terbuka. Misalnya, travelling, eksplorasi tempat-tempat baru, dan road trip. Dimulai dari aktivitas tersebut, sejumlah lokasi candi dapat terhubung dalam satu paket wisata sejarah.

“Di Blitar ada Candi Penataran. Di Malang masih terawat sejumlah candi. Begitu pula di Mojokerto yang merupakan pusat kerajaan Majapahit,” kata Puti. 

Kemudian, ada cara lain dalam rangka mendongkrak popularitas lokasi wisata sejarah. Misalnya, dengan manfaatkan teknologi augmented reality atau AR berbasis aplikasi interaktif. 

Teknologi tersebut mampu memadukan obyek virtual berupa teks, gambar, animasi ke dunia nyata. Sehingga mudah untuk menyasar kaum milenial dan pembelajaran di sekolah.

“Itu model gaya baru dalam membantu pemasaran desa wisata,” jelasnya.

Lalu, mendongkrak popularitas sebuah lokasi wisata juga dapat memanfaatkan internet. Misalnya, dengan penggunaan media sosial dan social messenger. Sehingga desa-desa wisata bisa cepat dikabarkan dan diketahui masyarakat luas.

Sehingga, saat areanya dibuka dan dipopulerkan, akan mengungkit pergerakan ekonomi warga setempat. Tentu fasilitas dan kapasitas kelompok warga pengelolanya juga harus ditingkatkan.

“Bisa juga ditunjang dengan mengungkit tumbuhnya pelaku UMKM di sekitar sini, jika tingkat kunjungan masyarakat signifikan,” kata Puti

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Di Sidoarjo, Puti Beberkan Cara Dongkrak Popularitas Situs Sejarah