alexametrics

Mampir Ke Klenteng Eng An Kiong, Khofifah Bicara Jatim Harmoni

22 Februari 2018, 20:15:15 WIB

JawaPos.com — Disela safari politik Khofifah Indar Parawansa ke Kota Malang, pada Kamis, (22/2), calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 itu menyempatkan diri berkunjung ke Klenteng Eng An Kiong, di Jalan R.E. Martadinata 1 Malang.

Kedatangan Khofifah disambut langsung oleh ketua yayasan Klenteng Eng An Kiong, Edi Gozali, keduanya sempat berdialog, sebelum Khofifah diajak berkeliling ke beberapa sudut klenteng yang sudah berdiri sejak tahun 1800 itu.

“Sebenarnya tidak ada rencana khusus. Bukan tujuan yang ada di dalam rute, namun karena kami kebetulan parkir di sekitar klenteng, Alhamdulillah kok buka, jadi kami mampir,” ucap Khofifah yang sebelumnya blusukan ke Pasar Kebalen.

Mantan Menteri Sosial itu mengaku kagum melihat keindahan klenteng yang diprakarsai oleh Liutenant Kwee Sam Hway itu. Selain menjadi tempat ibadah, klenteng Eng An Kiong juga menjadi telaah budaya dengan keindahan arsitekturnya.

“Kalau saya memang sering kunjungan ke klenteng. Kalau di Jakarta ada klenteng yang membuat mi panjang nggak putus-putus. Di sini juga ternyata membuat yang sama saat cap go meh,” ucap Khofifah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Muslimat NU itu sempat menjabarkan program Nawa Bhakti Satya yang salah satunya memuat program Jatim Harmoni. Yaitu menjaga harmoni sosial alam dengan melestarikan kebudayaan dan lingkungan hidup.

“Jatim Harmoni itu termasuk memperbanyak dialog antar budaya seniman dan budayawan, lalu juga memperbanyak dialog intern dan antar umat beragama,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1ini maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan tujuh partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), partai Hanura (2 kursi), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Mampir Ke Klenteng Eng An Kiong, Khofifah Bicara Jatim Harmoni