JawaPos Radar

Pilpres 2019

Paket Lengkap jika Jokowi Duet dengan Figur Ini

21/07/2018, 16:45 WIB | Editor: Estu Suryowati
Paket Lengkap jika Jokowi Duet dengan Figur Ini
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dinilai sebagai figur yang memiliki kriteria paling lengkap sebagai pendamping Joko Widodo. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dinilai menjadi figur yang memiliki kriteria paling komplet untuk mendampingi Jokowi Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Menurut Pengamat politik dari Universitas Mercu Buana (UMB) Lely Arrianie, sejauh ini belum ada figur yang lebih baik dibanding Mahfud untuk dijadikan cawapres.

"Pak Mahfud ini paket lengkap untuk cawapres. Siapa lagi figur yang bisa jadi paket lengkap selain Mahfud?" ujar Lely saat dihubungi, Sabtu (21/7).

Lely melanjutkan, Mahfud MD jadi figur paling komplet karena berpengalaman sebagai Menteri Pertahanan serta Menteri Hukum dan Perundang-Undangan. Mahfud juga pernah menjadi anggota DPR dan merupakan Guru Besar Hukum Tata Negara.

Selain itu, kata Lely, Mahfud MD yang berlatar belakang santri juga dekat dengan kelompok Islam. Lely menilai Mahfud juga berintegritas, bersih dari segala catatan pelanggaran hukum selama menjadi profesional.

"Pak Mahfud semakin komplet karena dia dari kalangan Islam," katanya.

Menurut Lely, kedekatan Mahfud dengan kelompok Islam dapat mencegah fitnah bernuansa suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang dialamatkan ke Jokowi.

Sebab, kata Lely, orang yang menguasai ekonomi belum tentu menguasai soal umat dan hukum.

Semua kandidat punya kelebihan dan kekurangan. Tokoh pengusaha pun belum tentu bisa diakomodasi oleh kelompok tertentu.

"Artinya paket lengkap ini (Mahfud MD) harus dipertimbangkan oleh Pak Jokowi," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up