alexametrics

Terkagum, Djarot Ingin Becak Siantar Terus Dilestarikan

21 Maret 2018, 01:05:16 WIB

JawaPos.com – Dengan keunikan yang dimiliki, siapa yang tidak kenal dengan Becak Siantar. Tak hanya menjadi ciri khas, tetapi kendaraan tersebut sudah menjadi ikon Kota Pematang Siantar.

Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagub Sumut) Djarot Saiful Hidayat berharap, becak dengan suara khas itu tetap dilestarikan. Hal itu diutarakannya saat menyempatkan diri untuk melihat langsung becak yang jumlahnya tak banyak lagi. Djarot pun membubuhkan tandatangan di salah satu motor besar (moge) tersebut.

“Saya kagum dengan Becak Siantar ini. Saya dengar, konvoi becak Siantar pernah mendapat rekor MURI,” katanya, Selasa (20/3).

Terkagum, Djarot Ingin Becak Siantar Terus Dilestarikan
Kunjungan Calon Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat di rumah makan Beringin Indah di Pematang Siantar, Selasa (20/3). (Istimewa)

Becak Siantar adalah perpaduan antara sepeda motor BSA (Birmingham Small Arm) yang merupakan kendaraan rampasan perang pada masa penjajahan Belanda. Motor berkapasitas CC besar itu dimodifikasi menjadi becak bermotor atau betor yang kebanyakan mengangkut penumpang.

“Ini unik dan telah menjadi salah satu ikon Kota Pematang Siantar dimana telah berdiri tugu becaknya di kota ini. Becak antik ini sangat berpotensi menjadi angkutan wisata, sebab Kota Pematang Siantar tidak jauh dari dan bagian dari wisata Danau Toba,” tutur Djarot.

Dalam kunjungannya ke Pematang Siantar, Djarot juga bersantap siang di rumah makan Beringin Indah yang menyajikan menu khas burung goreng. Begitu Djarot masuk, masyarakat berbondong-bondong menemuinya

Mulai dari warga yang melintas, para pengemudi ojek online, sopir angkutan umum, penarik becak, karyawan dan karyawati, para penyapu jalan dan warga disekitar rumah makan tersebut menyapa Djarot.

Mereka melambai-lambaikan tangan, bersalaman dan mengajak foto selfie. Djarot mengaku senang mendapat sambutan hangat dari warga Pematang Siantar.

“Saya mohon doa restu dan dukungan masyarakat maju sebagai calon Gubernur Sumut bersama Calon Wakil Gubernur Sihar Sitorus. Satu datang, dua cucuk, tiga pulang,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Terkagum, Djarot Ingin Becak Siantar Terus Dilestarikan