alexametrics

Survei: Pendukung Gerindra dan PKS Justru Dukung Khofifah-Emil

21 Maret 2018, 20:10:22 WIB

JawaPos.com — Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) rupanya belum berhasil menggandeng pemilihnya di daerah untuk ikut mendukung paslon yang diusung partainya di Pilkada Jatim 2018.

Hasil temuan lembaga survei Charta Politika menujukkan bahwa para pemilih kedua parpol tersebut justru lebih memilih paslon lawan politiknya, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Dalam temuan hasil survei tersebut, sebanyak 5,5 persen pemilih partai besutan Prabowo Subianto di Jatim, justru cenderung lebih memilih pasangan Khofifah-Emil dengan persentase sebesar 50,0 persen, sedangkan yang memilih Gus Ipul-Puti hanya sebesar
34,1 persen dan tidak menjawab 15,9 persen.

Nasib yang sama dialami oleh PKS. Dalam survei itu menujukkan 1,1 persen pemilih partai besutan Sohibul di Jatim, hanya 33,3 persen yang searah dengan partainya dengan memilih Gus Ipul-Puti, sementara yang memilih Khofifah-Emil sebesar 55,6 persen.

“Jadi ada dua partai yang ketika digandeng belum banyak memberikan kontribusi besar, malah lebih banyak ke Khofifah itu Gerindra dan PKS,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di Atlete Century Park, Jakarta, Rabu (21/3).

Menariknya, Pria yang akrab disapa Toto ini mengungkapkan, partai Demokrat merupakan partai yang dinilainya paling solid untuk mengarahkan pemilihnya untuk ikut mendukung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2018.

Diketahui, sebanyak 7,7 persen responden yang memilih partai yang berlambang mercy ini, sebanyak 70,5 persen sepakat untuk ikut mendukung Khofifah-Emil, sementara yang membelot ke Gus Ipul-Puti hanya sebesar 18,0 persen dan tidak menjawab sebesar 11,5 persen.

“Yang agak mencolok Demokrat, dari keseluruhan partai, yang berhasil mengkonsolidasikan pemilih sesuai dengan pilihan partai itu Demokrat, angkanya sudah sampai 70,5 persen. Padahal Demokrat kadernya tidak maju,” pungkasnya.

Sebagai informasi, partai Gerindra dan PKS bersama dengan PKB dan PDIP telah sepakat mendukung Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti)

Diketahui pula, Lembaga Survei Charta Politika menggunakan metode survei multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun survei tersebut dilakukan dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden yang dilakukan di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Ketua tim pemenangan Gus Ipul – Puti, Hikmah Bafaqih tidak mempermasalahkan hasil survey tersebut. Ia pun optimistis, baik Gerindra maupun PKS akan solid memenangkan Gus Ipul-Puti.

Keseriusan dua partai tersebut sudah dibuktikan dengan dibentuknya kader ‘Sapu Bersih’ olah partai Gerindra dan gerakan seribu calon legislatif (Caleg) PKS memenangkan paslon nomor urut dua itu yang sudah bergerak melakukan berbagai strategi pemenangan.

“Kami yakin, pada survey berikutnya akan berubah. Karena, PKS dan Gerindra mulai beberapa waktu yang lalu sudah bergerak menata gerakan. Dan saya yakin cukup efektif mendukung kemenangan Gus Ipul-Puti,” kata Hikmah.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (aim/mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Survei: Pendukung Gerindra dan PKS Justru Dukung Khofifah-Emil