alexametrics

Puti Bakal Inisiasi Program 1000 Dewi. Apa Itu ?

21 Februari 2018, 17:49:43 WIB

JawaPos.com – Kepedulian terhadap perkembangan ekonomi kreatif berbasis kerakyatan menjadi salah satu program yang akan diusung oleh Calon Wakil Gubernur (cawagub) Jawa Timur Puti Guntur Soekarno ketika dirinya terpilih di Pilkada 2018 nanti. Bahkan, dirinya sudah membuat suatu program berbasis ekonomi, yakni program 1000 Dewi (desa wisata).

Puti menjelaskan, program 1000 Dewi tersebut salah satu kegiatannya yakni pemberdayaan ibu-ibu yang berada di kampung. “Lihat potensi perempuan dan anak-anak. (programnya) Berbasis kerakyatan dan pemberdayaan SDM (sumber daya masyarakat) di sekitar kampung,” kata dia ketika melakukan kunjungan ke Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi Kota Malang, Rabu (21/2).

Dia mengatakan, dengan melihat kampung tematik di Kota Malang ini, menurutnya hal itu merupakan suatu potret kreatifitas anak muda, dan berdampak positif bagi bertumbuhnya ekonomi kreatif saat ini. “Tadi juga ibu-ibu disini mengatakan bahwa dengan adanya desa wisata, maka potensi pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Para ibu-ibu dan perempuan di kampung ini juga bisa menjadi lebih kreatif, misalnya dengan membuat gantungan kunci sebagai tanda masuk,” papar dia.

Menurutnya, hal itu perlu dikembangkan lagi kedepannya, terutama untuk pariwisata. Apalagi, lanjut dia, industri pariwisata ini menyumbang di dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur kurang lebih sekitar 10 persen dari Rp 1800 triliun yang masuk ke dalam pendapatan daerah. “Maka potensi dari desa wisata harus dikembangkan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, dengan adanya program 1000 Dewi ini, nantinya pihaknya akan menggalakkan dan mendorong potensi wisata berbasis pada masyarakat. Termasuk bagaimana adanya desa-desa wisata, karena hal itu merupakan potensi wisata berbasis masyarakat.

Satu hal lagi yang menurutnya tidak kalah penting, yakni bagaimana akses digital bisa masuk dan menjadikan kampung tematik ini menjadi smart kampung (kampung pintar). Apalagi, di era digital dan IT seperti saat ini, tidak dipungkiri jika dibutuhkan promosi lewat digital economy. “Jadi memang disinilah bisa lihat potret perubahan ekonomi. Tidak hanya habiskan uang untuk belanja, tetapi juga senang berkunjung ke daerah wisata,” jelasnya.

Dia mengaku, hal itu akan menjadi program kedepan untuk mengedepankan pariwisata berbasis masyarakat. Sementara itu, di tengah-tengah kunjungannya ke dua kampung tematik itu, Puti juga memberikan saran kepada ibu-ibu di sekitar kampung agar menyediakan bank sampah. Kemudian, memilah sampah yang bisa dijadikan kerajinan seperti tas dan dompet.

“Dengan digital economy bisa disebarluaskan. Nantinya akan didorong lewat pelatihan dan fasilitasi pendanaan,” tandasnya. (fis)

Editor : Soejatmiko

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti Bakal Inisiasi Program 1000 Dewi. Apa Itu ?