alexametrics

Blusukun Ke Pasar Wlingi, Khofifah Serap Aspirasi Pedagang

21 Februari 2018, 16:59:14 WIB

JawaPos.com —  Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak memiliki komitmen kuat untuk menyejahterakan pedagang pasar. Hal itu terbukti dengan seringnya paslon nomor urut 1 itu menyapa para pedagang pasar.

Kali ini, giliran Khofifah blusukan ke pasar Wlingi, Kota Blitar, Selasa, (21/2), setelah sebelumnya Emil melakukan serap arpirasi ke pasar Lawang, Batu, pada Senin, (20/1) kemarin. Khofifah yang datang mengenakan setelan baju dan kerudung putih itu langsung mendapat keluhan dari para pedagang.

“Para pedagang mengeluh ada penurunan pengunjung pasar. Salah satu sebabnya, karena saat ini pasar hewan tidak lagi dijadikan satu dengan pasar Wlingi yang saat ini. Mereka ingin agar pasar hewan didekatkan lagi dengan pasar tradisional. Sebab setelah terpisah, pasar jadi lebih sepi,” kata Khofifah.

Khofifah Indar Parawansa
Khofifah Indar Parawansa saat berada di Pasar Wlingi Blitar mencicip jamu tradistional (istimewa)

Mantan Menteri Sosial itu menilai, keluhan para pedagang pasar Wlingi itu sangat penting sebagai masukan. Sebab, hal itu sangat membantu navigasi program Nawa Bhakti Satya agar nantinya bisa meningkatkan produktivitas pedagang di Pasar Wlingi.

“Jadi, format Nawa Bhakti Satya ada Jatim Akses. Disana ada program pengembangan infrastruktur pasar. Namun di Pasar Wlingi ini mereka tidak ingin pembangunan infrastruktur, tapi penataan dengan pasar hewan,” paparnya.

Berdasarkan pengalaman Khofifah, setiap pasar tradisional yang ia kunjungi memiliki keluhan yang berbeda beda. Ia mencontohkan para pedagang di Pasar Porong yang meminta agar bangunan pasar yang masih semi permanen dijadikan permanen.

Sementara dalam blusukannya ke pasar Blimbing Lamongan, Ketua Umum Musliamat NU itu mendapat keluhan soal infrastruktur. Menurutnya, moyoritas pedagang infrastruktur pasar tersebut diperbaiki agar tidak banjir saat musim hujan.

Sementara dalam kunjungan ini, Khofifah nampak begitu akrab dengan para pedagang. Khofifah juga sempat minum jamu tradisional sebelum menyantap nasi pecel yang merupakan menu favorit Khofifah.

Diiring lantunan musik ‘Wes Wayahe’ oleh para musisi jalanan, Khofifah menyalami satu persatu para pedagang. Khofifah juga melayani ajakan swa foto dari ibu-ibu pengunjung pasar.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Blusukun Ke Pasar Wlingi, Khofifah Serap Aspirasi Pedagang