alexametrics

BEM se-Jatim Tawarkan Diri Jadi Relawan Pilkada

21 Februari 2018, 14:27:43 WIB

JawaPos.com – Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari seluruh universitas di Jawa Timur menggelar acara dialog di Mabes Polda Jawa Timur, Rabu (21/2). Dialog itu membahas tentang keinginan mahasiswa ikut terlibat saat pelaksanaan pilkada serentak Juni mendatang.

Acara dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman itu. Secara umum, mereka menyambut baik keinginan para mahasiswa tersebut.

Soekarwo mengatakan siap memfasilitasi keinginan mahasiswa. Dia akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Terutama, jika dibutuhkan adanya pengawas tambahan di tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Soekarwo, keikutsertaan mahasiswa memang diperlukan. Selain hak pilih mereka juga punya hak untuk terlibat dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada). Mulai saat masa kampanye, hingga penghitungan dan rekapitulasi suara usai pencoblosan.

“Para mahasiswa punya hak berpartisipasi dalam pilkada yang damai. Karena, mereka itu kelompok yang rasional,” kata Soekarwo di hadapan wartawan di Mapolda Jatim, Rabu (21/2).

Kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin membenarkan maksud dan tujuan pertemuan tersebut. Dia mengapresiasi keinginan mahasiswa untuk terlibat menciptakan pilkada yang damai dan aman.

Tujuannya mencegah adanya potensi money politic di TPS. “Kalo Bawaslu kekurangan orang, pengawas, atau relawan di lapangan, dan mahasiswanya sendiri ingin turun, ya sangat bagus. Bukan hanya saat pencoblosan tapi rangkaian tahapan tetep diawasin,” kata Machfud.

Sementara itu, Presiden BEM Universitas Surabaya Ahmad Noor Fuadi mengatakan, tujuan keterlibatan mahasiswa tersebut karena ingin penyelenggaran pilkada terbebas dari black campaign agar dapat menghasilkan pemimpin yang memiliki integritas.

Selain itu, dia juga akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU terkait keterlibatan mahasiswa. “Kami tidak akan memihak (pasangan calon) siapa pun. Intinya, kami siap untuk jadi relawan dalam pengawasan pilkada,” katanya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
BEM se-Jatim Tawarkan Diri Jadi Relawan Pilkada