alexametrics

Gus Ipul Akan Bantu Alat Komunikasi Nelayan

20 April 2018, 13:43:15 WIB

JawaPos.com – Calon gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf mengunjungi Tempat Pelelangan ikan (TPI) Brondong, Lamongan, Jumat (20/4). Bau amis yang menyengat dan tanah yang becek di TPI, tak menyurutkan niat Saifulah Yusuf atau Gus Ipul untuk berbaur dengan nelayan.

Gus Ipul sempat membeli beberapa jenis ikan laut untuk dibawa pulang. Yang paling banyak dibeli adalah ikan tongkol. Gus Ipul juga sesekali membantu mengangkat ikan hasil tangkapan nelayan. “Sehat Pak, banyak tangkapannya,” sapa Gus Ipul.

Selanjutnya, Gus Ipul berdialog dengan nelayan. Ada beberapa keluhan yang disampaikan para nelayan kepada Gus Ipul. Salah satunya soal terbatasnya alat komunikasi saat melaut. Minimnya alat komunikasi ini pula yang menjadikan banyak nelayan yang hilang di laut sulit ditemukan.

Pengurus Rukun Nelayan (RN) Berondong Suwito mengatakan, selama 2018 telah ada empat kapal tenggelam. Pencarian di laut sulit karena minimnya alat komunikasi. “Para nelayan ini melaut hanya bermodalkan GPS (Global Positioning System) dan handphone,” katanya.

Padahal handphone hanya bisa digunakan pada jarak maksimal 15 mil dari garis pantai. Selebihnya tidak ada sinyal. Biasanya, setiap nelayan yang melaut akan melaporkan area penangkapan.

Adapun area tangkapan sangat luas. Jaraknya bisa mencapai 137 mil dari bibir pantai. Dengan jarak yang begitu luas, salah satu alat komunikasi yang bisa menjangkau adalah radio komunikasi SSB. Alat itu punya daya jangkau hingga 300 mil.

Menanggapi keluhan tersebut, Gus Ipul mengaku jika alat komunikasi nelayan adalah bagian dari program yang akan diberikan. Selain itu juga GPS, bantuan kapal, serta pemberian asuransi bagi nelayan.

“Saya mendengar di berbagai daerah alat komunikasi ini sangat dibutuhkan. Sehingga pemerintah harus membantunya. Kebutuhan SSB ini bagian dari program kerja kami,” terang Gus Ipul.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Gus Ipul Akan Bantu Alat Komunikasi Nelayan