alexametrics

Pakde Karwo: Pilkada Jatim Aman Damai Harga Mati

20 Maret 2018, 16:09:21 WIB

JawaPos.com — Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menegaskan, Pilkada serentak 2018 yang aman dan damai adalah harga mati. Hal itu dituangkan dalam komitmen bersama jajaran Forkopimda Jatim yang terdiri dari Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim dalam Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jatim Tahun 2018 di Convention Hall Grand City Surabaya, Selasa (20/3).

Komitmen tersebut juga disampaikan Soekarwo di hadapan 2.000 peserta rakor, mulai dari Bupati/Walikota, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua KPU, Camat, Danramil dan Kapolsek se-Jatim. Menurutnya, Pilkada adalah satu sasaran untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, pilkada harus mencerminkan proses adil dan makmur, bukan malah merusak.

“Hari ini puncak dari proses panjang yang sudah dilakukan, dan akan diambil sikap dimana mulai jajaran atas hingga bawah kompak untuk satu sikap bersama, yaitu aman dan damai harga mati di Jatim,” tegas Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim.

Pakde Karwo mengatakan, keamanan di Jatim ditahun Politik sangat berpengaruh terhadap pembangunan dan perdagangan tak hanya di Jatim, tapi juga daerah lain di Indonesia. Hal ini dikarenakan posisi Jatim yang sangat strategis yakni di tengah-tengah arus distribusi barang dan jasa (center of grafity).

Kondisi aman dan nyaman ini membuat pertumbuhan ekonomi Jatim terus menunjukkan angka yang baik dimana Tahun 2017 tercatat sebesar 5,45 persen. Selain itu, Jatim termasuk dua provinsi terbesar di bidang industry, dimana sebanyak 29,03 persen struktur PDRB Jatim berasal dari sektor industri pengolahan.

“Industri menjadi pintu masuk untuk menjadi lebih sejahtera, seperti yang disampaikan Presiden bahwa kerjaan kita di investasi dan ekspor, bila keduanya tidak berjalan baik dan terganggu oleh pilkada, maka ibarat bangunan akan hancur,” imbuhnya.

Selain itu, Pakde Karwo juga mendukung teget pemerintah yang ingin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018 mencapai 70 persen. Apalagi, Jatim menghadapi satu Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan 18 Pilkada tingkat Kabupaten/Kota.

“Target yang diharapkan pemerintah pusat tahun ini angka partisipasi pilkada mencapai 70 persen. Artinya, kepercayaan yang diambil sangat kredibel. Kami akan mendukung sosialisasi ini,” pungkasnya.

Caption foto: Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jatim Tahun 2018 di Convention Hall Grand City Surabaya, Selasa (20/3). (Dok. Humas Pemprov Jatim)

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pakde Karwo: Pilkada Jatim Aman Damai Harga Mati