JawaPos Radar

Pilpres 2019

Klaim Keturunan Raja Bangkalan, Ma'ruf Amin Pamer Silsilah Keluarganya

19/10/2018, 18:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Klaim Keturunan Raja Bangkalan, Ma'ruf Amin Pamer Silsilah Keluarganya
Cawapres nomor urut 1 Ma'ruf Amin mengaku keturunan Raja Bangkalan. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10). Dalam acara tersebut Ma'ruf mengaku seperti pulang ke kampung halamannya.

Rasa nostalgia itu muncul setelah Ma'ruf menyadari bahwa dirinya punya garis keturunan Arosbaya. Bahkan jika ditelisik masih ada garis keturunan dari Raja Bangkalan, Demang Plakaran.

Dia menceritakan, leluhurnya bernama Kiai Demang Plakaran, salah satu raja di Bangkalan, yang mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalbo. Raden Pragalbo memiliki keturunan bernama Zuhra Pradoto Jambringin yang menurunkan Nyai Narantoko.

Nyai Narantoko lantas diperistri oleh Raja Sumedang Larang, Geusan Ulun. Nyai Narantoko kemudian diberi gelar Nyai Ratu Arosbaya, atau Harisbaya.

"Dari situlah lahir mbah-mbah saya terus ke saya. Saya punya darah Madura dan darah Arosbaya. Dan lahirnya di Banten. Jadi, hari ini saya pulang kampung dan disambut dengan meriah," kata Ma'ruf dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/10).

Pernyataan Ma'ruf lantas disambut meriah oleh 105 kiai se-Madura yang ikut merayakan hari santri itu. Selain dari kaum ulama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (nonaktif) itu juga mendapat apresiasi dari Bupati Bangkalan R Abdul Latif Imron yang juga menghadiri acara tersebut.

Abdul Latif pun menyambut baik kedatangan Ma'ruf di Madura. Dia mendoakan agar Ma'ruf mampu menjadi pemimpin yang mampu mempererat persaudaraan umat muslim se-Indonesia.

"Kami mendoakan semoga apa yang dicita-citakan beliau diberikan kesuksesan oleh Allah SWT," sambung Abdul Latif.

"Sehingga dengan hadirnya Kiai Ma'ruf Amin, dapat memberikan kesejukan pada umat, baik pada kelurga kecil, umat seluruh Madura, dan seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up