alexametrics

Ramunia dan Register 40 Mencuat di Debat Terakhir Pilgub Sumut

19 Juni 2018, 22:51:16 WIB

JawaPos.com – Soal Konflik Agraria di Desa Ramunia, Kabupaten Deli Serdang tiba-tiba mencuat di dalam Debat Publik Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang digelar di Hotel Santika Dyandra, Selasa (19/6) malam. Hal itu diungkapkan Calon Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat saat menanggapi pernyataan dari Edy Rahmayadi.

Awalnya, debat membahas soal masalah reforma agraria (land reform). Menanggapi itu, Djarot malah membahas soal konflik Agraria di Ramunia. Dia mengatakan, selama ini petani kerap kali mendapat perlakuan intimidatif.

“Kita harus konsisten, bahwa reforma agraria harus berpihak kepada rakyat kecil. DJOSS akan mengawal reforma agraria ini agar masyarakat mendapat sertifikat tanah,” kata Djarot.

Sementara itu, Edy Rahmayadi langsung menyamber topik soal Ramunia itu. Dia juga sempat menyentil Djarot dengan menyebut kalau orang di luar Sumut tidak tahu soal Ramunia.

Edy juga sempat mengatakan kalau lahan Ramunia itu adalah milik negara dibawah Kodam I/Bukit Barisan. Untuk konflik itu pun, dia meminta agar urusannya langsung ke Kodam I/BB.

“Itu adalah milik Kodam, bukan tanggung jawab saya. Kalau 2015 itu tanggung jawab saya. Karena saya selaku Pangdam (waktu itu),” pungkasnya.

Tak hanya soal Ramunia, soal eksekusi register 40 pun sempat disinggung dalam debat tersebut. Lebih jauh lagi mereka membahas soal penegakan hukum dan HAM sesuai tema debat. Masing-masing Paslon menyampaikan gagasan mereka soal tema debat.

Sedangkan para pendukung kedua paslon yang hadir saling beradu yel-yel. Tak ayal panitia sedikit kesulitan mengatur para pendukung.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ramunia dan Register 40 Mencuat di Debat Terakhir Pilgub Sumut