alexametrics

Wapres Nyoblos di TPS Ala Betawi

19 April 2017, 10:00:05 WIB

JawaPos.com – TPS tempat Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarganya menyoblos didesain khusus ala Betawi. Mulai dari ondel-ondel, pohon pisang, kursi dan meja kayu khas betawi, hingga sepeda ontel ditempatkan di TPS 03 Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengenakan baju batik dan berkopyah. Dua penjaga memakai baju khas jawara Betawi lengkap dengan sabuk hijau yang lebar. Tapi, tentu saja mereka tidak memakai golok. Karena, TPS itu mendapatkan pengamanan ketat dari Paspampers.

“TPS ini memang sengaja ditonjolkan sebagai ikon di Jakarta Selatan. Dan kami mengambil tema Betawi,” ujar Ketua KPPS Vicky Syarif yang ditemui di sela-sela pemungutan suara, Rabu pagi (19/4).

TPS yang berlokasi di tempat parkir hotel itu mendapatkan dukungan dari warga dan manajemen hotel Dharmawangsa. Mereka menyediakan bunga yang mempercantik sepeda ontel.

Termasuk pula menyewakan baju untuk penjaga. Sedangkan sepeda ontel hasil meminjam dari pegawai Kelurahan Pulo. Kursi diambil dari kantor kelurahan. “Ya, ini goyong royong. Kemarin (18/4) bikinnya seharian pagi sampai malam. bareng-bareng,” ujar Ketua RW 02 Kelurahan Pulo Edi Nurcahyo.

Di TPS tersebut, JK yang mendapatkan nomor daftar pemilih tetap 97 itu akan menyoblos bersama istri, Mufidah Jusuf Kalla, dan anak-anaknya. Diantaranya Chairani Jusuf Kalla, Solihin Jusuf Kalla, dan Muclisa Jusuf Jusuf.

Rumah pribadi JK di Jalan Brawijaya Raya memang hanya sekitar 200 meter dari TPS. Dia diagendakan mencoblos sekitar pukul 10.00. Pantauan di lokasi sudah banyak petugas keamanan dari polisi dan TNI yang berjaga di sekitar TPS.

Untuk diketahui di TPS ini terdapat 356 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Semua itu terdiri dari 177 laki-laki dan 179 perempuan. (Jun/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Wapres Nyoblos di TPS Ala Betawi