alexametrics

Empat Quick Count Unggulkan Anies-Sandi

19 April 2017, 14:51:49 WIB

JawaPos.com – Sebanyak empat lembaga survei yakni, PollMark Indonesia, LSI, SMRC, dan Indikator, melakukan quick count (QC) Pilada DKI Putaran II. Keempatnya menempatkan pasangan Anies-Sandi di posisi teratas. Sementara Ahok-Djarot di urutan kedua.

PollMark Indonesia menempatkan paslon tiga, Anies-Sandi 52,3 persen, sedangkan paslon tiga Ahok-Djarot dengan 47,69 persen.

Sedangkan LSI menempatkan Anies-Sandi 53,26 persen dan Ahok-Djarot 46,74 persen. SMRC 60,91 persen unttuk Anies-Sandi dan 30,09 persen pasangan Ahok-Djarot.

‎Indikator 61,36 persen untuk Anies-Sandi, dan Ahok-Djarot 38,64 persen. Perolehan data ini diperoleh deari sekitar tiga persen data yang masuk.

Dua peneliti dari‎ Indikator dan PollMark Indonesia optimistis hasil quick count (QC) tidak akan berbeda jauh dengan real count (RC). Alasannya, hitung cepat ini diambil dari data formulir C1 di TPS-TPS.

“Hasil QC tidak akan berbeda jauh dengan RC KPU. Tingkat kepercayaannya lebih tinggi karena diambil dari data TPS,” kata Rizka dalam dialog Memilih DKI dan hitung cepat, Rabu (19/4).

Dia menyebutkan, hasil QC masing-masing lembaga bisa saja berbeda jauh dengan RC KPU tergantung‎ berbagai metode yang digunakan.

Sementara Direktur Operasional PollMark Indonesia Maikal Febriant mengatakan, kredibilitas lembaga survei dipertaruhkan dalam QC ini.‎ Itu sebabnya, dia mengimbau lembaga-lembaga survei menyodorkan data sebenarnya.

“Kalau saya katakan antara QC dan ‎RC itu bedanya satu persen. Semakin banyak sampel TPS yang diambil, datanya kian akurat. Di PollMark kami mengambil sampel lebih dari 500 TPS di Jakarta,” terangnya. (esy/jpnn/fab/JPG)

Editor : Fadhil Al Birra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Empat Quick Count Unggulkan Anies-Sandi