alexametrics

Unggul di Tiga Survei, Tim Khofifah-Emil Terus Genjot Sosialisasi

19 Maret 2018, 16:10:33 WIB

JawaPos.com – Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tidak jumawa atas hasil tiga lembaga survei yang menempatkan elektabilitas paslon nomor urut 1 itu unggul mutlak dibandingkan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno.

Sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio mengatakan, temuan survei tersebut menunjukkan tren elektabilitas Khofifah-Emil terus merangkak naik dari waktu ke waktu. Hal itu juga menjadi bukti nyata soliditas antara paslon dengan partai pengusung serta seluruh unsur relawan.

“Kami bersyukur, lembaga survei menunjukkan grafik yang semakin baik sejak awal rekomendasi turun. Ini menunjukkan apa yang telah kami lakukan dan kerjakan bersama baik paslon maupun parpol serta para relawan telah berjalan dengan positif,” kata Renville dikonfirmasi JawaPos.com, Senin, (19/3).

Sebelumnya, dalam kurun waktu satu minggu, sudah ada empat lembaga survei yang merilis temuan terbarunya. Pertama, Litbang Kompas dengan elektabilitas Khofifah-Emil 44,5 persen, sedangkan Saifullah-Puti 44,0 persen. Kedua, The Republic Institute, Khofifah-Emil sebesar 48,7 persen dan Saifullah-Puti hanya 47,6. Ketiga, Poltracking Indonesia dengan elektabilitas Khofifah-Emil unggul 42,2 persen dan pasangan Saifullah-Puti hanya 35,8 persen. Keempat, Polmark yang menunjukkan elektabilitas Saifullah-Puti unggul 42,7 persen, sementara Khofifah-Emil hanya 27,2 persen.

Kendati demikian, lanjut Renville, pihaknya tidak akan terlena dengan hasil survei tersebut. Sebab, masih banyak daerah-daerah yang perlu penguatan basis. Oleh karenanya, berbagai strategi sosialisasi paslon dan program Nawa Bhakti Satya terus digencarkan di berbagai daerah.

“Kami tetap harus bekerja lebih keras lagi mengingat masih ada survei yang menunjukkan bahwa kami tetap harus turun ke masyarakat. Sosialisasi paslon dan program di daerah-daerah yang memang masih perlu perhatian lebih meluas lagi,” imbuhnya.

Ditambahkan Renville, dengan temuan survei tersebut pihaknya bisa dengan mudah melakukan pemetaan sekaligus penyusunan strategi. Apalagi, komponen tim pemenangan Khofifah-Emil saat ini sudah rampung hingga tingkat desa.

“Semua parpol pengusung dan relawan telah sinergi mulai di tingkat Provinsi sampai tingkat kecamatan. Itu bisa terlihat dengan komposisi tim pemenangan yang merupakan gabungan dari semua partai, relawan, dan tokoh. Ini semua sudah menjadi kekuatan besar yang sangat solid di lapangan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, Partai Demokrat (13 kursi), Partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), Partai NasDem (4 kursi), dan Partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Unggul di Tiga Survei, Tim Khofifah-Emil Terus Genjot Sosialisasi