alexametrics

Rampung Koordinasi, APK Liar Gus Ipul-Puti segera Dieksekusi

19 Maret 2018, 20:30:15 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur mengaku telah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Surabaya dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya untuk menurunkan secara paksa Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang tidak sesuai aturan milik pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno.

Tindakan tersebut diambil, lantaran surat teguran yang dilayangkan Bawaslu Jatim melalui KPU Kota Surabaya kepada tim Gus Ipul – Puti tidak digubris. Sebab, sesuai aturan, setelah surat itu diterima, maka selambat-lambatnya 1×24 jam APK liar tersebut harus diturunkan.

“Jadi surat itu, larinya ke KPU (kota Surabaya), yang isinya KPU meminta APK itu diturunkan oleh Paslon sendiri. Karena itu tidak dilaksanakan, maka, kami melakukan koordinasi dengan satpol PP dan kawan-kawan KPU untuk menertibkan APK tersebut,” kata Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi saat dikonfirmasi JawaPos.com, Senin, (19/3).

Berdasarkan surat yang didapat JawaPos.com, KPU Kota Surabaya telah melayangkan surat kepada tim kampanye Paslon Gus Ipul – Puti. Surat dengan nomor :101/PL/03.4-SD/3578/III/2018 tertanggal 17 Maret 2018 dengan ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi. Artinya, batas waktu penurunan APK liar oleh tim Gus Ipul – Puti itu sudah berakhir.

Secara terpisah, Ketua tim pemenangan Gus Ipul – Puti, Hikmah Bafaqih membenarkan pihaknya telah menerima surat teguran dari Bawaslu terkait perintah penurunan APK beberapa waktu yang lalu.

Namun, lanjut Hikmah, pihaknya juga telah melakukan konsultasi kepada pihak Bawaslu terkait siapa yang bertanggungjawab untuk menurunkan APK liar tersebut. Sementara jawaban Bawaslu, yang berhak menurunkan APK tersebut adalah Bawaslu sendiri.

“Ketika Bawaslu berkirim surat, lalu saya tanya, siapa yang bertanggungjawab menurunkan? kata Bawaslu, ya Bawaslu yang menurunkan bersama dengan Satpol PP. Yasudah kami kan pasif saja,” kata Hikmah.

Sebelumnya, Bawaslu Jatim terus menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat. Terutama berkaitan lambannya penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) liar diiberbagai titik strategis di Kota Surabaya yang menampilkan pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Rampung Koordinasi, APK Liar Gus Ipul-Puti segera Dieksekusi