alexametrics

Kuasai Dua Wilayah Ini, Paslon Menangi Pilgub Jatim

19 Maret 2018, 04:33:27 WIB

JawaPos.com – Peta demografi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 dibagi menjadi 5 subkultural wilayah, meliputi Arek, Mataraman, Mataraman Pesisir, Madura, dan Tapal Kuda.

Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda menerangkan, dari kelima wilayah tersebut kantong suara terbesar berada di wilayah Arek, sedangkan yang terkecil berada di Madura.

“Dari 5 subkultur itu Madura paling bawah, yang paling besar itu di Arek kemudian Mataraman, baru Tapal Kuda itu beda tipis, baru ke Mataraman Pesisir itu yang agak ke utara, baru Madura,” ungkap Hanta di Hotel Sari Pan Pacific Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

Hanta mengatakan, jika salah satu pasangan calon antara Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak atau Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno dapat unggul di wilayah dengan kantong suara besar itu, maka pasangan tersebut diprediksikan keluar sebagai juara di Pilkada Jatim 2018.

“Wilayah kantong-kantong utama seperti di Arek, Tapal Kuda, yang bisa memenangkan di wilayah itu kemungkinan dia akan memenangkan Pilkada Jawa Timur,” tegas Hanta.

Meski demikian wilayah Madura yang memiliki kantong suara terkecil tidak semata-mata dilupakan begitu saja. Pasalnya suara di sana akan terbilang sama penting jika selisih elektabilitas antara kedua pasangan ini hanya berbeda tipis.

Jika dilihat dari hasil survei Poltracking terbaru, pasangan Gus Ipul – Puti memiliki pekerjaan berat karena mereka hanya unggul di wilayah Tapal Kuda dengan perolehan 54,5 persen, sisanya 4 wilayah lain milik Khofifah – Emil.

Namun menurut Hanta, pasangan Khofifah – Emil juga tidak begitu saja di atas angin, pasalnya mereka juga harus berupaya memecah suara pemilih di Tapal Kuda yang berpusat kepada Gus Ipul – Puti. Di sisi lain Khofifah juga harus mempertahankan basis suara di empat wilayah yang sekarang dipegangnya.

“Gus Ipul – Puti mereka harus menyasar betul subkultur yang mereka kalah, yaitu subkultur Mataraman, Mataraman Pesisir, maupun Arek sama Madura itu basisnya Khofifah, pun sebaliknya Khofifah harus menyasar betul sembari menjaga basisnya, dia harus menyasar Tapal Kuda karena di Tapal Kuda masih kalah dari Gus Ipul,” Pungkas Hanta.

Hanta mengatakan bahwa dua pasangan ini masih memiliki kesempatan sama untuk memenangkan Pilkada Jatim. Bahkan jika dilihat dari tingkap popularitas, keduanya mendapat angka hampir sama. Kemenangan akan sangat ditentukan oleh pasangan yang mampu merebut 21,8 persen undecided voters dan pemilih yang masih mungkin mengubah pilihannya dalam 3 bulan mendatang sebelum hari pemungutan suara.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (ce1/sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kuasai Dua Wilayah Ini, Paslon Menangi Pilgub Jatim