alexametrics

Khofifah Puji Keindahan Hutan Mangrove Nguling

19 Maret 2018, 23:28:20 WIB

JawaPos.com – Keindahan hutan Mangrove yang terletak di Desa Ngulin, Kabupaten Pasuruan mampu menarik perhatian calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan kunjungan ke hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 175 hektar itu. Senin, (19/3).

Secara terang-terangan, calon Gubernur dengan nomor urut 1 itu memuji kelestarian hutan mangrove yang telah memiliki 27.000 bibit dengan empat jenis Mangrove ini. Khofifah juga memberikan apresiasi kepada Mukarim, selaku tokoh mangrove yang telah berhasil membangun kelestarian hutan mangrove sekaligus menjadikan sebagai sumberdaya ekonomi warga sekitar.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pak Mukarim yang selama hidupnya untuk mangrove bukan hanya Jawa Timur tapi di Aceh, di NTT, di tempat-tempat lain Indonesia,” puji Khofifah selepas berkeliling hutan mangrove.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu mengatakan, penanaman pohon mangrove menjadi bagian penting dalam menjaga habitat laut. Hal itu bisa dimaksimalkan, utamanya di kawasan pesisir Jawa Timur.

“Sesungguhnya menjaga habitat laut dengan maksimalisasi menanam mangrove menjadi bagian yang penting,” ungkap perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini.

Kendati demikian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan kepala BKKBN di era pemerintahan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menghimbau kepada masyarakat yang memberdayakan hutan mangrove agar tetap mengedepankan kelestariannya. Jangan sampai merusak lingkungan.

‘Hutan mangrove ini biasanya dibabat untuk menyiapkan lahan industri, perumahan. Kalau begitu, harus diikuti untuk menanam di tempat-tempat lain yang akan menjaga daya dukung alam keseimbangan lingkungan kita,” pungkasnya.

Sementara itu, tokoh mangrove, Mukarim, menuturkan, saat ini, hutan Mangrove Nguling sudah berdaya dan mampu menghasilkan nilai ekonomi untuk masyarakat sekitar. Selain itu, desa Nguling juga terlingdungi dari dampak abrasi laut.

“Alhamdulillah, kalau disini sudah sudah aman. Manfaat mangrove ini sudah menyentuh dan bisa dirasakan oleh masyarakat,” sambungnya.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Khofifah Puji Keindahan Hutan Mangrove Nguling