JawaPos Radar

TB Hasanuddin Janjikan Penambahan Dana Desa

Kenalkan Program Digawe

19/02/2018, 03:09 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pilgub Jabar
Calon gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin (kedua kiri) berkunjung ke tempat budidaya ikan di kampung Ciherang, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Minggu (18/2) (dok. Timses Hasanah)
Share this

JawaPos.com - Pasangan calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) menjanjikan penambahan dana desa apabila nanti terpilih.

Hal itu diungkapkannya sewaktu berkunjung ke tempat budidaya ikan di kampung Ciherang, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Minggu (18/2).

Penabahan dana desa tersebut, imbuhnya diperlukan guna pengembangan ekonomi kerakyatan di pedesaan.

"Permasalahan umumnya masyarakat pedesaan adalah terkait modal awal. Harus kita bantu modal awalnya, misalkan melalui Bank Jabar atau juga melalui koperasi, kalau perlu dana desa ditingkatkan," ujar TB Hasanuddin dalam rilis yang diterima JawaPos.com, Minggu (18/2).

Menurut pria yang disapa Kang Hasan ini, kemandirian ekonomi masyarakat desa harus didorong dan diciptakan oleh Pemerintah dengan memberikan bantuan permodalan. Diharapkan dengan adanya permodalan tersebut dapat memberikan peluang bagi warga pedesaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Pihaknya berharap berkembangnya perekonomian desa dinilai mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan. Oleh karena itu, Kang Hasan menghadirkan satu program unggulan yakni Digawe.

Program Digawe sendiri merupakan upaya ajakan kepada masyarakat di pedesaan untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada disekitarnya. Hal tersebut untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satunya, memanfaatkan sumber air yang melimpah.

"Beberapa daerah Jawa Barat mempunyai ketersediaan air yang cukup banyak, sangat potensial, ini harus dimanfaatkan dengan baik, misalnya budidaya ikan, bertani, sehingga masyarakat desa punya pekerjaan tanpa harus ke kota," ungkapnya.

Program lainnya yang dijanjikan pasangan calon Hasanah yakni Kesehatan gratis, pendidikan gratis, dan lainnya. "Program dibuat dalam bahasa Sunda yaitu Imah Rempeg, Cageur, Sakola Gratis, dan Tur Kamling," sebutnya.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 19/02/2018, 03:09 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 19/02/2018, 03:09 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  19/02/2018, 03:09 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  19/02/2018, 03:09 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up