alexametrics

Kawal Suara Khofifah-Emil, Golkar Terjunkan Kader AMPG dan MKGR

19 Februari 2018, 13:38:53 WIB

JawaPos.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur telah menyiapkan ribuan saksi untuk mengawal suara pasangan calon Gubernur dan calon Waki Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak pada hari pencoblosan 27 Juni mendatang.

Saksi tersebut berasal dari kader sayap partai seperti Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Garda Nasional (Garnas) MKGR yang sudah terdidik menjadi saksi dalam gelaran Pilkada.

“Saksi itu ada di kekuatan Angkatan Muda Partai Golkar maupun dari Garnas MKGR. Kalau dari AMPG itu sejak dulu mereka sudah terdidik menjadi saksi,” kata Wakil Ketua DPD Golkar Jatim, Kodrat Sunyoto, dikonfirmasi JawaPos.com, Senin, (19/2).

Meski sudah terlatih, lanjut Kodrat, pihaknya juga akan melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat) khusus untuk memperkuat para saksi. Menurutnya, saksi itu tidak hanya megawal pada pencoblosan saja. Tapi, peran saksi harus maksimal hingga selesai penghitungan surat suara.

“Dari partai nanti itu perlu diklat secara khusus untuk saksi yang akan dilibatkan dalam pemenangan Ibu Khofifah dan Emil,” ungkap politisi yang juga anggota DPRD Jatim itu.

Kodrat mengatakan, keberadaan saksi menjadi elemen penting dalam mengawal keutuhan suara paslon Khofifah-Emil. Karenanya, saksi dari partai Golkar perlu berkoordinasi dengan seluruh kekuatan saksi dari partai pengusung lainnya.

“Nanti kita akan sinkronkan dengan teman-teman partai yang lain. Karena, saksi sangat menentukan, terus terang, saksi ini juga memiliki peranan yang penting karena disitulah proses kejujuran demokrasi tercipta,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1ini maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan tujuh partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), partai Hanura (2 kursi), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Editor : Indra Sanjaya

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kawal Suara Khofifah-Emil, Golkar Terjunkan Kader AMPG dan MKGR