JawaPos Radar

Belum Punya KTP, Generasi Milenial di Jabar Bisa Nyoblos

19/02/2018, 10:34 WIB | Editor: Soejatmiko
Belum Punya KTP, Generasi Milenial di Jabar Bisa Nyoblos
Ilustrasi Pilkada serentak (ilustrasi/Kokoh Praba Wardani/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Generasi milenial yang berusia 17 tahun atau lebih belum memiliki KTP tetap mempunyai hak pilihnya di Pemilihan Gunernur Jawa Barat 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyebut generasi itu merupakan pemilih pemula yang jumlahnya cukup signifikan yakni mencapai 20 hingga 30 persen jumlah pemilih di Jawa Barat.

Komisioner KPU Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan, masih ada pemilih pemula yang tidak memiliki KTP. "Jika ditemukan nantinya akan dicatat disebuah formulir pemilih baru," ucap Nina di Bandung, Senin (19/2).

Pihak KPU akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat untuk menindaklanjuti. "Setelah dicatat di data pemilih baru, langsung koordinasikan kepada dukcapil supaya segera ditindak lanjuti karena masih ada waktu untuk melakukan perbaikan data," ungkapnya.

Syarat pemilih yang akan di data saat pencocokan dan penelitian (coklit) yakni e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Namun menurut Nina sejauh ini masih ada beberapa pemilih usia 17 tahun genap di hari pemilihan atau lebih, ada yang belum memiliki e-KTP. "Maka bisa saja pakai surat keterangan (suket) atau melakukan perekaman," jelasnya.

Namun harapan Nina, Disdukcapil bisa lebih memfasilitasi pemilih pemula tidak sebatas dibuatkan suket melainkan perekaman KTP. "Syukur-syukur Dukcapil bisa memfasilitaskan KTP tapi minimalnya suket," harapnya.

Pihak KPU Jabar terus mendorong dan memotivasi pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya. Sebab, pada pemilihan gubernur sebelumnya yakni pada 2013 lalu, banyak pemilih pemula yang tidak menyalurkan hak pilihnya.

Minimnya pemahaman dikarenakan kurang terinformasikannya kepada masyarakat terkait hak pilih terutama generasi muda.

Pemilih pemula, Annisa Febriani, 17, siswa SMKN 1 Bandung belum memiliki KTP namun akan menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang. "Iya saya akan tetap memilih, itu hak saya," tuturnya.

Pengakuan Annisa, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 merupakan momentum ia pertama kali mengikuti pesta demokrasi di Indonesia. "Nanti akan ke TPS dan saya pun mengajak teman-teman untuk no golput," pungkasnya.

(ce1/ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 19/02/2018, 10:34 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 19/02/2018, 10:34 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  19/02/2018, 10:34 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  19/02/2018, 10:34 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up