alexametrics

KPU Berikan Parpol 10 Hari Untuk Perbaikan Berkas Bacaleg

18 Juli 2018, 18:45:50 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) sementra ini masih melalukan verifikasi kelengkapan administrasi calon legislator dari partai politik di tingkat provinsi. KPU melakukan pemeriksaan berkas persyaratan daftar bakal calon yang disetorkan oleh pengurus 16 parpol, hingga tenggat pendaftaran Selasa (17/7) kemarin.

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang menjelaskan, verifikasi ini dilakukan sesuai dengan tahapan Pemilu 2019. Verifikasi berkas sendiri, digelar hingga Rabu (18/7) hari ini.

“Nanti hasil verifikasi kemudian akan disampaikan kepada parpol bersangkutan untuk diperbaiki jika ada kekurangan selama sepuluh hari,” ujar Asrar di Makassar.

KPU Berikan Parpol 10 Hari Untuk Perbaikan Berkas Bacaleg
Kantor KPU Sulsel (Sahrul Ramadhan/JawaPos.com)

Perbaikan itu, disebutkan bakal dilaksanakan tepatnya pada, Sabtu (21/7) hingga (31/7) mendatang. Pada Selasa (17/7) kemarin, pengurus 16 parpol tingkat provinsi menyetorkan daftar bacaleg di Kantor KPU Sulsel. Hanura jadi pendaftar terakhir, jelang tenggat pukul 24.00 Wita malam tadi.

Sebelumnya, para pengurus parpol datang berturut-turut ke KPU Sulsel untuk mendaftarkan bacalegnya. Diantaranya, pengurus Perindo; NasDem; PDIP; Golkar; PKB; Demokrat; Gerindra dan Berkarya. Lalu Partai PKS; PSI; PAN; PPP; PKPI dan Garuda.

Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati mengatakan, masih terdapat kekurangan pada pendaftaran parpol melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Kekurangan ini, meliputi berkas partai Hanura dan Berkarya, namun mereka diberi kesempatan memperbaiki.

“Masih ada kekurangan seperti tidak memasang foto, atau pengaturan penempatan perempuan antara laki-laki di daerah pemilihan. Kami harap segera melengkapi ke dalam Silon untuk diverifikasi. Jika tidak, sesuai aturan akan dicoret,” katanya.

Tahapan Pemilu 2019 diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018. Usai masa perbaikan nanti, kelengkapan administrasi bacaleg akan berlangsung pada 1 hingga 7 Agustus mendatang. Penetapan daftar calon sementara (DCS) digelar 8-12 Agustus, hingga puncaknya penetapan daftar caleg tetap (DCT) pada 21-23 September 2018.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (rul/JPC)

KPU Berikan Parpol 10 Hari Untuk Perbaikan Berkas Bacaleg