alexametrics

Kubu Prabowo Masih Pikir-pikir Gugat Hasil Pemilu ke MK

18 Mei 2019, 19:30:21 WIB

JawaPos.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno belum mengeluarkan sikap resmi mengenai rencana pengajuan sengketa hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, pihaknya tengah fokus mengawal penyelesaian dugaan pelanggaran pemilu yang dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu).

“Kami fokus ke Bawaslu. Ini kami laporkan terus dugaan TSM (terstruktur, sistematis, masif)‎,” ujar Andre dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (18/5).

Andre menegaskan, bahkan pihaknya belum berpikir untuk menempuh jalur MK. “Pimpinan BPN dan koalisi belum berpikir di MK. Kami masig fokus di Bawaslu,” ungkapnya.

Namun, untuk urusan pileg, Andre menyatakan akan menempuh jalur MK. Hal itu dilakukan lantaran ada beberapa dapil yang menurutnya dicurangi oleh oknum.

“Sebagai caleg Gerindra, urusan Pileg kami akan ke MK. Ada beberapa Dapil yang akan kami bawa ke MK. Jadi, jelas langkahnya sangat konstitusional,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan menilai, dengan tidak mengadukan sengketa ke pemilu, itu artinya pihak BPN Prabowo-Sandi mengakui hasil pemilu 2019.

“Kalau Prabowo tidak menggunakannya. Artinya, selesai. Jadi, mengakui keputusan KPU yang sudah final,” kata Hinca.

Akan tetapi, Hinca menegaskan, partainya tidak memihak kubu manapun. Yang jelas, lanjutnya, partai yang dinakhodai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menerima hasil Pemilu 2019 berdasarkan konstitusi.

“Demokrat menyikapinya berbasiskan konstitusi. Sejak awal dalam UU Pemilu siapapun keberatan oleh KPU bisa mengajukannya ke MK,” pungkas Hinca.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads