alexametrics

Tak Lolos ke Senayan, PSI: We Shall Return Soon

18 April 2019, 00:55:51 WIB

JawaPos.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hampir bisa dipastikan tak akan melenggang ke Senayan. Hal ini disadari oleh Ketua Umum PSI Grace Natalie, melihat hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei kredibel.

Atas dasar itu, komandan partai milenial itupun mengucapkan apresiasi kepada pemilih yang telah mempercayakan aspirasinya melalui PSI. Grace menuturkan, partainya telah bekerja maksimal di pemilu serentak 2019 ini, meski akhirnya gagal.

“PSI tidak akan menyalahkan siapa-siapa. Baik kader, pengurus, dan caleg kami telah bekerja keras siang dan malam meyakinkan rakyat. Tapi, inilah keputusan rakyat melalui mekanisme demokrasi yang harus kami terima dan hormati,” katanya melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Rabu (17/4).

Grace mengatakan, tidak ada penyesalan sama sekali. Bahkan tidak ada penyesalan atas setiap tetes keringat dan air mata yang jatuh selama membangun partai ini.

“Kami, anak-anak muda PSI telah terlibat dalam sebuah perjuangan yang bagi kami sangat luar biasa,” ungkapnya.

Grace pun meminta para pengurus dan caleg tidak putus asa dan tetap menjaga suara PSI. Meski kandas melewati ambang batas parlemen di level nasional, Grace optimistis banyak calegnya yang dapat lolos di tingkat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Ini adalah modal politik yang harus kita rawat,” ungkapnya.

Diketahui, perolehan suara PSI yakni sebesar 2 persen atau sekitar 3 juta suara. Menurut Grace, angka ini adalah suara rakyat yang harus diperhitungkan.

Meskipun PSI tidak masuk parlemen, Grace berkomitmen tetap memperjuangkan suara dari masyarakat. “Kami akan bekerja sama dengan civil society dan teman-teman media untuk memperjuangkan aspirasi kalian,” tuturnya.

Atas perolehan suara yang minim ini, sejumlah elite PSI terpantau mencurahkan isi hati mereka melalui akun media sosial seperti Instagram, salah satunya yakni Tsamara Amany Alatas. Caleg DPR RI Dapil DKI II tampak sedih dengan perolehan suara PSI yang tak mampu melampaui ambang batas parlemen.

Kendati demikian, Ketua DPP PSI itu berjanji akan terus berjuang. “Sebab, tak ada perjuangan yang sia-sia. We will come back stronger!” tulisnya melalui @tsmaradki.

Selain Tsamara, Caleg DPR RI Dapil Banten III Isyana Bagoes Oka pun mencurahkan isi hatinya melalui Instagram. Mengunggah pernyataan resmi dari sang ketua umum, Isyana menutupnya dengan komitmen akan terus berjuang bersama rakyat.

“PSI akan kembali menyapa rakyat. Bukan lima tahun lagi, tapi besok! We shall return, soon!” tulisnya melalui akun @isyanabagoesoka.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua