alexametrics
Pemimpin Dunia Puji Pelaksanaan Pemilu di Indonesia

Lewat Sambungan Telepon Erdogan Ucapkan Selamat ke Jokowi

18 April 2019, 23:12:58 WIB

JawaPos.com – Pemilu 2019 di Indonesia yang berlangsung relatif aman mendapat perhatian dunia. Perhatian itu karena jutaan warga Indonesia secara serentak melakukan pencoblosan dalam waktu satu hari pada 17 April 2019.

Head of Media and Communication Kedutaan Besar Inggris John Nickell pun ikut menyaksikan langsung TPS Kebon Kacang pada Rabu (17/4). “Indonesia negara dengan penduduk yang besar. Jadi negara dengan penyelenggara pemilu terbesar dalam satu hari. Luar biasa. Banyak masyarakat yang menyoblos dengan jangka waktu enam jam. Ini kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk datang melihat proses ini. Sangat teratur pelaksanaanya,” ungkap John Nickell, Kamis (18/4).

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik melalui akun twitter pribadinya juga menyatakan senada. “Berkeliling di TPS-TPS dekat rumahku di kampung berlangsung ramai, aman, dan lancar. Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan.”

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-Beom berkomentar saat hadir di salah satu stasiun televisi swasta pada Rabu (17/4). Dia menyatakan, sebagai perbandingan dengan pemilu sebelumnya, proses kampanye kali ini telah berlangsung sangat stabil dan tenang, relatif damai. “Saya rasa ini gambaran dari kematangan demokrasi di Indonesia.”

Pujian juga datang dari Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, menyatakan, rakyat Indonesia telah memilih tanpa ada tekanan.

Presiden Jokowi mengaku mendapat telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang memberi ucapan selamat atas berlangsungnya Pemilu di Indonesia dengan damai dan tertib. (Reuters)

Al Shun meyakini hasil akhir nanti merupakan yang terbaik bagi Indonesia. “Hasil pemilu di Indonesia tak akan mengubah relasi dengan negaranya yang selama ini telah terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Menteri Luar Negeri Denmark Anders Samuelsen melalui akun twitter resminya menulis, “Selamat untuk negara demokrasi terbesar ketiga dunia, yang telah sukses melaksanakan Pemilu, dengan 190 juta pemilih dan 245 ribu kandidat calon anggota legislatif.”

Begitu juga dengan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Kristensen yang berkomentar melalui akun Instagram pribadinya. “Selamat Indonesia untuk menyelenggarakan pemilihan umum yang damai dan sukses hari ini Terima kasih kepada KPU karena mengundang saya untuk menyaksikan acara bersejarah ini.”

Sementara itu Joko Widodo mendapat telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dari balik telepon itu Erdogan sangat mengapresiasi pemilu di tanah air. “Tadi, Presiden Turki Erdogan sudah menelepon, mengucapkan selamat,” ucap Jokowi di sela-sela jumpa pers di Jakarta, Kamis (18/4) sore.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Khafidul Ulum



Close Ads