alexametrics

Jokowi Nyatakan Kemenangan 54 Persen Berdasarkan Quick Count

18 April 2019, 17:42:18 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyatakan telah memenangkan pilpres 2019 dengan angka 54 persen. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga survei.

“Dari 12 lembaga survei, quick count Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 54 persen. Prabowo-Sandi 45,5 persen,” ujar Jokowi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Jokowi menjelaskan, alasannya baru mendeklarasikan kemenangan hari ini atau satu hari setelah hari pencoblosan lantaran faktor suara yang masuk dalam penghitungan cepat. Pada Rabu (17/4) kemarin, suara masuk baru berkisar 70 persen. Sedangkan pada hari ini sudah hampir 100 persen.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin, hasil quick count tidak akan berbeda jauh dari hasil hitung resmi KPU. Sebab, metode penghitungan cepat sudah teruji secara ilmiah.

“Kita tahu semua perhitungan quick count adalah cara penghitungan ilmiah, yang dari pengalaman pemilu yang lalu akurasinya 99 persen hampir sama dengan perhitungan real count,” imbuhnya.

Meski begitu, Jokowi akan tetap menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU. Ia pun berharap hasilnya bisa segera dirilis.

“Kami juga terus akan menunggu, menanti hasil penghitungan suara oleh KPU, yang kami harapkan secepatnya bisa diselesaikan,” pungkasnya.

Di sisi lain, Jokowi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu yang telah bekerja dengan baik. Begitu pula kepada aparat keamanan yang sudah mengamankan proses pemilu.

Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim suksesnya dari tingkat pusat hingga daerah, sekaligus para pendukungnya. Serta kepada rakyat Indonesia yang telah ikut serta dalam mewujudkan pemilu yang baik.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads