alexametrics

Jokowi-Ma’ruf Menang di TPS Tempat Tahanan KPK Nyoblos

18 April 2019, 00:16:08 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012 Guntur, Jakarta Selatan. Dari total 215 suara yang sah, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan 127 suara. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 85 suara.

“Suara tidak sah ada 3, terdiri dari 2 robek besar, dan 1 tidak tercoblos,” kata Ketua KPPS 012 Guntur Bangun Mulyono usai melakukan penghitungan suara, di Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu malam (17/4).

“Hasil suara pemungutan capres 01 mendapatkan 127. Capres 02 mendapatkan 85, suara tidak sah 3, jumlah total 215. Deal?” tanya Bangun kepada saksi yang bertugas.

“Deal,” jawab saksi.

TPS 012 Guntur yang berlokasi di depan Posyandu Dahlia, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan merupakan TPS para tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut menggunakan hak suaranya.

Namun, para ‘pasien’ KPK tidak ikut mencoblos di TPS 012. Mereka mencoblos di Rutan K4 di belakang Gedung Merah-Putih KPK yang sudah bekerja sama dengan TPS 012 Guntur dan atas izin Komisi Pemilihan Umum RI (KPU).

Untuk diketahui, ada 65 tahanan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 11 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Namun, hanya sekitar 36 tahanan di antaranya yang menggunakan hak pilih.

“Yang nyoblos kalau yang di daftar cuma 25 ditambah 11-nya, jadi 36,” ungkap Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 3 TPS 012, Ria Fitriana usai pemilihan di Rutan K4 KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Guntur Handoko Sumantri menyatakan, ke-11 tahanan tersebut menggunakan hak pilih meski tidak terdaftar di DPT yang dikeluarkan KPU.

Berdasarkan informasi yang ditelusuri 11 nama-nama tahanan KPK yang terdaftar dalam DPTb ialah Ending Fuad Hamidy, Idrus Marham, Khamami, Kurniawan Cakro, Rosidin, Muslim Simbolon, Miler Pasaribu, Tungul Siagian, Mulyana Sam, dan Ana Lisman.

Handoko menjelaskan, hasil pemungutan suara di Rutan K4 KPK akan disatukan dengan TPS 012 yang berada di lingkungan Kelurahan Guntur. Mereka akan melakukan penghitungan bersama di TPS 012 Guntur.

“Ini akan kami bawa semuanya ke TPS 012 berbarengan dengan DPTb-nya TPS 012. Penghitungannya itu ada di TPS 012,” jelas Handoko.

Sementara, Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan ada 36 orang tahanan yang menggunakan hak pilih di K4.

“Total tahanan yang menggunakan hak pilih 36 orang dari total 63 yang tercatat,” ucap Febri kepada wartawan, Rabu (17/4).

Sebanyak 36 orang tahanan yang menggunakan hak pilih itu terdiri dari 10 tahanan dari rutan C1, 21 tahanan rutan Guntur, dan 5 tahanan perempuan di K4.

“Tahanan pria tidak ada yang menggunakan hak pilih, tercatat 22 orang,” pungkas Febri.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Intan Piliang

Alur Cerita Berita

Lihat Semua