alexametrics

4 Hal Tak Biasa di Pemilu 2019, Sexy Killers hingga Selfie Nicholas Saputra

18 April 2019, 11:23:47 WIB

JawaPos.com – Pemilu 2019 sudah resmi dilaksanakan. Namun, banyak cerita yang tak bisa dilewatkan. Pesta demokrasi lima tahunan ini menjadi sejarah yang tak terlupakan dalam menjalani kehidupan bernegara. Masyarakat yang memenuhi persyaratan berhak mencoblos calon presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif pilihan mereka.

Meski dalam prakteknya masih banyak kendala di berbagai daerah, setidaknya proses pemungutan suara diklaim berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Banyak hal yang menjadi perbincangan di sosial media saat pemilu berlangsung. Berikut adalah sejumlah fakta dan cerita unik yang mewarnai pemilihan umum 2019 sepanjang Rabu (17/4) kemarin.

Rematch antara Jokowi vs Prabowo

Pertarungan dalam pemilu 2019 memepertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai rival. Ini adalah pertarungan kedua kalinya bagi mereka. Jokowi yang merupakan capres nomor urut 01 ini merupakan usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara Capres 02 Prabowo merupakan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Kedua rival ini pernah bertarung dalam kontestasi yang sama dalam Pemilu 2014 lalu. Pada 2014, Jokowi lah yang keluar sebagai pemenang. Sedangkan dalam Pilpres kali ini, belum diketahui secara resmi siapa yang menjadi pemenang

Ada ‘Sexy Killers’ di Hari Tenang Pemilu 2019

Meski masih menampilkan tokoh yang sama dalam pertarungan, namun Pilpres 2019 memiliki sisi yang berbeda. Salah satunya karena adanya film dokumenter berjudul Sexy Killers yang keluar pada hari tenang. Awalnya, Sexy Killers tak dibuka untuk publik, namun film karya Dandy Laksono itu dipublikasi melalui youtube Watchdog. Tak ayal, film itupun menembus angka 14 juta viewers sejak ditayangkan pada Senin (14/4).

Film ini bercerita tentang kejahatan bisnis tambang batu bara yang punya keterkaitan dengan penguasa. Penguasa yang disebut dalam film berdurasi 88 menit itu punya koneksi baik dari pihak Paslon 01 maupun Paslon 02. Keduanya kena porsi yang imbang. Namun, banyak orang yang menafsirkan kalau film tersebut adalah upaya untuk memobilisasi massa, terutama milenial untuk golput.

Kesimpulan itu memang masih terlalu dangkal, sebab banyak hal-hal lain yang dapat diambil pelajarannya dari film yang juga merupakan ekspedisi keliling Indonesia ini.

Selfie Kelingking Nicholas Saputra yang Bikin Heboh

Siapa tak mengenal aktor kawakan Nicholas Saputra. Pria yang namanya melambung lewat film Ada Apa dengan Cinta (AADC) ini sukses mendistraksi hiruk pikuk pemungutan suara yang terjadi seharian kemarin. Buat banyak orang, melakukan swafoto dan diunggah ke akun sosial media pribadi adalah lazim. Namun tidak buat Nicholas.

Ia mengunggah foto selfie dengan kelingking yang sudah dicelup ke tinta ungu. Nicholas juga ‘membumbui’ unggahannya itu dengan caption yang tak kalah menantang yaitu akan menghapus selfie pertamanya dalam waktu 24 jam.

“Baiklah.. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2019 Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi! PS : postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam 😂,” tulis Nicholas.

Sontak, banyak warganet terutama kaum hawa yang langsung berbondong-bondong memposting unggahan Nicholas itu ke instagram mereka masing-masing. Ada juga yang memilih untuk menyimpan foto tersebut sebelum dihapus oleh yang mpunya.

Ramai-ramai Memburu Diskon Usai Mencoblos

Jari yang dicelup ke tinta ungu bukan cuma jadi tren masyarakat yang bangga sudah memberikan hak suara. Namun, ini juga dimanfaatkan para toko-toko retail untuk melakukan promosi. Peritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menargetkan pesta diskon yang digelar saat pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) pada 17 April 2019 mendatang dapat meningkatkan transaksi ritel 5-10 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

Hal ini pun disambut oleh masyarakat. Besaran diskon bisa mencapai 50 persen dengan berbagai bentuknya. Program ini melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail ternama. Mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya.

Beberapa brand ternama seperti Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, turut andil dalam program ini.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads