alexametrics
Pilpres 2019

Milenial Lebih Suka Kuda Prabowo atau Motor Chopper Jokowi, Ya?

18 April 2018, 12:30:03 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini memiliki mainan baru, yakni motor chopper. Bagi Jokowi mungkin ini hobi barunya, namun banyak pihak menduga itu adalah salah satu cara mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menggaet kaum milenial di Pilpres 2019.

Sementara, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto juga memiliki hobi yang tak kalah keren. Hobinya itu adalah berkuda. Bahkan, pada acara-acara besar mantan Danjen Kopassus ini selalu memamerkan kelihaiannya menunggangi kuda.

Tak terkecuali saat Jokowi berkunjung ke Hambalang, Jawa Barat kediaman Prabowo beberapa waktu lalu, orang nomor 1 di Indonesia itu pun diajaknya berkuda bersama. Dari kedua hobi yang sama-sama keren dan nyentrik ini, mana yang kira-kira bakal lebih digemari generasi milenial? Jokowi dengan kuda besinya, ataukah Prabowo dengan kudanya?

Milenial Lebih Suka Kuda Prabowo atau Motor Chopper Jokowi, Ya?
Presiden Joko Widodo saat diajak berkuda oleh Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat. (dok. JawaPos.com)

Menurut pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin, dalam hal ini, Jokowi lebih unggul ketimbang Prabowo Subianto. Dia melihat, motor chopper Jokowi sangat bisa masuk ke dunia anak muda.

“Motor ini kan disukai oleh anak-anak gaul di Indonesia. Sekarang anak muda sukanya dengan motor-motor modifikasi. Jadi, memang Jokowi menyasar kaum milenial lewat hobi mereka,” ujar Ujang kepada JawaPos.com, Rabu (18/4).

Sementara untuk hobi berkura, Ujang menilai hanya segelintir kaum milenial yang suka. Yang jelas, hobi berkuda ini tergolong kegiatan menyenangkan yang sangat menguras kocek. Lagipula, kata dia, biasanya yang punya hobi berkuda ini adalah kalangan elite.

“Jadi, memang kalau kuda itu gaya olahraga dan gaya kaum-kaum bangsawan dan elite, dan tidak semua rakyat memiliki kuda,” katanya.

Oleh sebab ini, dalam mengaet kaum milenial Jokowi lebih unggul ketimbang Prabowo. Ujang menambahkan, di samping hobi otomotif itu, Jokowi juga lebih dulu memulai dengan menonton konser musik, pemutaran film di bioskop, dan jalan-jalan ke mall.

“Jadi dalam meraih, mengaet kaum milenial ini Jokowi lebih variatif,” pungkasnya.

Sekadar informasi, dari berbagai sumber menyebutkan Prabowo Subianto memiliki kuda, salah satunya bernama Principile. Kuda ini selalu ia tunggangi dalam acara-acara resmi Partai Gerindra ataupun agenda lainnya.

Kuda gagah ini diketahui didatangkan langsung dari Portugal. Dengan postur tinggi besar, harga seekor kuda ini bisa mencapai harga Rp 3 miliar. Prabowo juga diketahui memiliki 50 ekor kuda dengan jenis sama. Mereka ditempatkan di klub polo di kawasan Sentul, Jawa Barat.

Sementara untuk kuda besi Jokowi diketahui bermesin motor Royal Enfield ‎Bullet 350 CC. Motor ini pun memiliki style jenis chopper. Motor berwarna emas ini diketahui dibanderol dengan harga Rp 140 juta.

Jokowi pun membeli motor itu bukan dari uang negara. ‎Hal itu dipastikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)

Milenial Lebih Suka Kuda Prabowo atau Motor Chopper Jokowi, Ya?