alexametrics

Seruan BW Jelang Hari Pemungutan Suara

18 April 2017, 12:44:37 WIB

JawaPos.com – Khawatirnya akan terjadi proses ketidakjujuran dalam pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di hari pemungutan suara nanti, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjajanto mengajak masyarakat untuk mengawal pesta demoraksi tersebut.

Ada tiga ajakan yang dilontarkan mantan pimpinan KPK yang pernah dikriminalisasi itu.

Pertama, masyarkat harus optimalkan keterlibatannya dalam mengawal seluruh proses Pilkada yang demokratis, serta jurdil. Ada 150.000 Suket yang disinyalir “tidak jelas”, serta tempat pemungutan suara (TPS) yang potensial manipulatif. Munculnyta suket itu akibat dari minimnya control public dan tiadanya transparansi yang optimal.

Kedua, segera lakukan pencatatan, dokumentasikan, foto dan videokan sebagai jenis kecurangan. Dapatkan bukti awal, “interograsi dan tangkap” pelaku kejahatan untuk diserahkan pada petugas yang berwenang. Dalam proses dugaan pelaku itu perlu pengawalan ketat untuk memastikan netralitas petugas.

Ketiga, kirimkan seluruh hasil pengawasan itu dengan berbagai informasi dan dokumen pendukung kepada pihak yang telah ditunjuk.

“Lebih dari itu, jangan memancing keributan, terus berdoa dan berserah diri, ikhtiarkan semuanya sebagai bagian dari upaya melawan brutalitas dengan menegakan optimsme untuk menjemput harapan,” tandasnya. (iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Seruan BW Jelang Hari Pemungutan Suara