alexametrics

Menteri Agama Larang Pengerahan Massa Pilkada DKI Besok, Nih Alasannya

18 April 2017, 17:00:42 WIB

JawaPos.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpandangan tidak perlu adanya pengerahan massa ke tempat pemungutan suara (TPS). Pasalnya, sudah ada perangkat yang bertugas mengawasi penyelenggaraan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta itu.

Di antaranya Kepolisian dibantu TNI, Bawaslu, Panwaslu, bahkan saksi atau tim dari masing-masing pasangan calon. “Kita percayakan saja kepada mereka yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/4).

Adanya pengerahan massa dikhawatirkan Lukman, malah akan menimbulkan kerawanan-kerawanan yang tidak perlu. “Jadi tidak perlu mengerahkan massa, apalagi yang secara berlebihan, secara demonstratif,” tegasnya.

Dia pun meminta agar seluruh organisasi masyarakat begitu pula seluruh umat beragama menahan diri menghadapi Pilkada DKI besok hingga ada penetapan KPUD soal siapa yang bakal menjadi pemimpin DKI.

Kementerian Agama pun dengan instruksi Presiden Joko Widodo di Istana kemarin telah memanggil sejumlah pimpinan ormas Islam. Pertemuan itu dimaksudkan supaya ormas-ormaa Islam tersebut menyerukan kepada umatnya untuk menjaga kondisi kedamaian dan kesejukkan Pilkada DKI.

“Para tokoh-tokoh agama kita minta untuk juga bisa menghimbau kepada semua umat beragama yang memiliki hak pilih, untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya,” pungkas Lukman. (dna/JPG)

Editor : Fadhil Al Birra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Menteri Agama Larang Pengerahan Massa Pilkada DKI Besok, Nih Alasannya