alexametrics

Himpunan Jurnalis Jakarta Minta Pers Tetap Netral dan Damaikan Pilkada DKI 2017

18 April 2017, 20:23:07 WIB

JawaPos.com – Begitu pentingnya peran media massa dalam Pilgub DKI Jakarta 2017 ini membuat Himpunan Jurnalis Jakarta yang tergabung dari beberapa organisasi pers di antaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya, dan Aliansi Wartawan Radio Indonesia menggelar diskusi bersama.

Hal ini untuk menyikapi iklim dan proses pilkada yang ada. Gabungan dari pewarta elektronik, cetak, dan online itu menyerukan jurnalistik damai dan independen dalam pemberitaan ajang demokrasi itu. Jangan sampai media menjadi alat politik.

Menurut Ketua Dewan Kehormatan PWI Jaya Kamsul Hasan, netralitas merupakan jiwa sebenarnya dari para wartawan.  “Fitrahnya wartawan harus independen dan memuat kedamaian. Tidak boleh melakukan kekeruhan,” kata dia ketika diskusi di Hotel Neo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/4).

Lanjut dia menerangkan di Undang-Undang Pers Pasal 2 itu menyebutkan, kemerdekan pers merupakan wujud dari salah satunya kedaulatan rakyat.  “Artinya harus memenuhi prinsip demokrasi, keadilan, dan penegakan supremasi hukum,” ucapnya.

Dia juga berkata, pekerjaan sebagai media memang dilindungi oleh undang-undang dan tentunya memiliki kebebasan pers. Namun, banyak dari oknum-oknum yang memanfaatkan hal itu demi memuluskan kepentingan sejumlah pihak.

“Jadi, hari ini kita  buktikan kemerdekaan pers tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan kelompok atau tertentu. Dia bagian dari kedaulatan rakyat,” tegas dia.

Adapun dalam penerapannya saat pencoblosan Pilkada DKI 2017 pada 19 April besok, media sangat berperan demi menjaga kedamaian iklim ajang demokrasi tersebut.  “Harus berimbang baik durasi, pengambilan gambar, atau pun dalam penulisan. Diawali fakta yang teruji dan dipadukan kode etik jurnalistik,” tegas dia.

Di diskusi yang dihadiri sejumlah jurnalis serta mahasiswa itu juga membacakan deklarasi dukungan pilkada damai. Pembacaan diwakili oleh Kepala Divisi News Radio Ramako Rahmat Hidayat dengan isi sebagai berikut.

1. Kami menjunjung tinggi netralitas media dalam pemberitakan terkait Pilkada DKI Jakarta

2. Kami berkomitmen untuk menolak issue yang menyangkut SARA untuk dijadikan komoditas politik karena berpotensi memecah kerukunan dan persatuan

3. Kami menolak HOAX dan Fitnah dalam setiap pemberitaan

4. Kami mendorong terciptanya peace journalism di kalangan jurnalis sesuai khittah wartawan sebagai perekat dan pemersatu bangsa. (elf/JPG)

Editor : Muhammad Syadri


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Himpunan Jurnalis Jakarta Minta Pers Tetap Netral dan Damaikan Pilkada DKI 2017