alexametrics

Pendukung Jokowi di Jatim Jatuhkan Pilihannya ke Khofifah-Emil

18 Maret 2018, 23:21:31 WIB

JawaPos.com – Lembaga survei Poltracking Indonesia telah merilis temuan terbarunya terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Lembaga itu menempatkan elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak unggul 42,2 persen. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno hanya 35,8 persen.

Menariknya, dalam survei kali ini juga menunjukkan pendukung Presiden Joko Widodo di Jawa Timur mayoritas menjatuhkan pilihannya pada paslon nomor urut 1 yakni Khofifah-Emil.

Hal itu terungkap bila dipetakan elektabilitas kandidat berdasarkan pilihan calon Presiden, pemilih Jokowi yang berjumlah 58,5 persen cenderung lebih banyak memilih paslon Khofifah-Emil dengan jumlah 48,8 persen. Sementara yang menjatuhkan pilihan pada paslon nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno hanya 38,0 persen, dan yang belum menentukan pilihan 13,2 persen.

Pendukung Jokowi di Jatim Jatuhkan Pilihannya ke Khofifah-Emil
Foto wefie antara Puti (kerudung merah) bersama Gus Ipul, Emil Dardak, dan Khofifah. (DITE SURENDRA/JAWA POS)

“Jadi pemilih Jokowi lebih banyak ke Khofifah,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha, saat memberikan paparan.

Untuk diketahui, paslon Khofifah-Emil diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, dan Partai Hanura yang merupakan partai pendukung pemerintah, kecuali Partai Demokrat yang berada di posisi netral.

Sementara bila dipetakan pada capres Prabowo Subianto yang hanya memiliki elektabilitas 20,1 persen. Maka, mayoritas pendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu memilih Gus Ipul – Puti dengan jumlah 47,7 persen.

Sedangkan yang memilih paslon Khofifah-Emil Sebesar 40,5 persen dengan margin of error (MoE) pada data crosstab ini membesar lebih dari 2,8 persen. “Kalau pemilih Pak Prabowo mayoritas ke Gus Ipul,” sambungnya.

Pasangan Gus Ipul Puti ini diusung oleh dua partai pendukung pemerintah, yakni PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sementara dua partai lainnya adalah Partai Gerindra dan PKS yang secara terbuka mengaku sebagai partai oposisi.

Survei tersebut digelar pada 6-11 Maret 2018 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan metode stratified multistage random sampling. Sementara margin of error +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (ce1/mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pendukung Jokowi di Jatim Jatuhkan Pilihannya ke Khofifah-Emil