alexametrics

Istri KH Hasyim Muzadi: Khofifah Penuhi Syarat Jadi Gubernur Jatim

18 Maret 2018, 16:35:40 WIB

JawaPos.com — Istri mendiang KH Hasyim Muzadi, Hj Muthamimah menilai jika tokoh wanita NU seperti Khofifah Indar Parawansa sudah memenuhi kompetensi untuk menjadi Gubernur Jawa Timur. Khofifah disebut pejuang wanita yang rela berkorban untuk kesejahteraan masyarakat.

“Beliau adalah seorang figur perempuan, tokoh pemimpin yang luar biasa. Ibu Khofifah harus maju sebagai Gubernur demi kemaslahatan, demi kesejahteraan masyarakat Jawa Timur yang mayoritas Nahdliyin. Apapun yang terjadi harus maju,” ujar Hj Muthammimah saat bertemu Khofifah pada Peringatan haul pertamadi Pesantren Al-Hikam, jalan Cengger Ayam, Kota Malang, Minggu (18/3).

Dia mengatakan, Khofifah juga dinilai sebagai figur yang amanah dan mampu mengemban mandat rakyat Jawa Timur sebagai pemimpin masa depan.”Beliau orang yang amanah, pekerja keras dan mampu melakukan apapun demi kesejahteraan orang banyak. Beliau jujur, beliau amanah. Makanya kiai Hasyim tetap mendorongnya maju meski sudah dikalahkan,” ucapnya.

Istri KH Hasyim Muzadi: Khofifah Penuhi Syarat Jadi Gubernur Jatim
Khofifah bersama para tamu undangan yang menghadiri Haul KH Hasyim Muzadi, Sabtu (18/3) (istimewa)

Sosok almarhum KH Hasyim sendiri selalu menjadi panutan calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah, sebagai guru dalam berpolitik maupun beragama. Ketua Muslimat NU Malang ini juga mengungkapkan pesan mendiang anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu, yaitu membantu memenangkan Khofifah-Emil.

“Ibu Khofifah juga demikian kepada almarhum adalah seseorang yang selama Pilgub Jawa Timur dua periode beliaulah yang mendampingi, yang mengarahkan. Istilah Jawa, yang membuat jalan. Kalau dua kali dikalahkan, kali ini tinggal menapaki oleh beliau,” pungkasnya. Bahkan menurutnya, jamaah tidak perlu diinstruksikan untuk memilih Khofifah. “Tidak perlu instruksi, sudah otomatis (memilih),” lanjutnya.

Khofifah sendiri menyatakan kekagumannya kepada sosok Tokoh NU tersebut. Khofifah menyebut mendiang KH Hasyim, sosok teladan bagi masyarakat Jawa Timur maupun muslim nusantara.

“Tidak gampang mencari tokoh figur NU seluas, sedalam ilmu beliau bagaiamana menggerakan jamiyah, diniyyah ijtima’iyyah. Ini harus dijadikan referensi keteladan aktivis NU wa ahlihi (lainnya). Karena beliau memulai dari lini paling bawah. Tidak ujug-ujug di pengurus besar. Saya sering melihat beliau berpikir out of the box. Beliau membangun interaksi dialog yang luar biasa,” pungkas Khofifah.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Istri KH Hasyim Muzadi: Khofifah Penuhi Syarat Jadi Gubernur Jatim