alexametrics

Prabowo: Unicorn Jangan Sampai Malah Picu Uang Kita Lari Keluar Negeri

18 Februari 2019, 10:10:15 WIB

JawaPos.com – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan kecepatan dinamika perkembangan internet berkembang sangat pesat. Ia menegaskan mendukung penuh upaya-upaya mengejar ketertinggalan dan mengambil posisi.

Namun, Prabowo mengaku khawatir dengan keberadaan perusahaan start up beraset raksasa yang dapat memicu keluarnya uang masyarakat Indonesia keluar negeri. Menurutnya, terdapat segelintir orang yang kurang dari satu persen menguasai lebih dari setengah kekayaan Indonesia.

Prabowo: Unicorn Jangan Sampai Malah Picu Uang Kita Lari Keluar Negeri
Suasaba debat capres kedua antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2). (ISSAK RAMDHANI/JAWAPOS.COM)

“Jadi kalau ada unicorn-unicorn, ada teknologi hebat, saya khawatir ini nantinya lebih mempercepat uang-uang kita lari ke luar negeri. Ini yang saya khawatirkan. Silahkan anda ketawa, tapi ini masalah bangsa kekayaan Indonesia tidak tinggal di Indonesia,” ujarnya saat debat presiden kedua, Minggu (17/2).

Prabowo kembali menyinggung soal jumlah uang orang Indonesia yang berada di luar negeri lebih besar dibandingkan dengan negeri sendiri.

“Menteri bapak sendiri mengatakan bahwa ada Rp 11.400 triliun uang Indonesia di luar negeri, (sementara) seluruh bank di Indoensia uangnya hanya Rp 5.465 triliun. Berarti lebih banyak uang kita di luar daripada di dalam Indonesia,” tuturnya.

Sehingga, kata Prabowo, perlu hati-hati dengan antusiasme keberadaan peluang internet dan teknologi dalam bisnis start up.

“Kalau kita tidak hati-hati dengan antusiasme internet, E-commerce, E ini, E itu saya khawatir ini juga bisa bisa mempercepat arus uang kita keluar negeri. Ini bukan saya pesimistis. Ini saya ingin membuka kesadaran bahwa sistem sekarang ini memungkinkan uang kita mengalir ke luar negeri,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Prabowo: Unicorn Jangan Sampai Malah Picu Uang Kita Lari Keluar Negeri