alexametrics

Ini Bocoran Tiga Program Gus Ipul-Puti Yang Lain

18 Februari 2018, 22:45:12 WIB

JawaPos.com — Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno melontarkan bocoran tiga program yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Bocoran tersebut terlontar kedua pasangan calon usai menandatangani deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur di Maspion Square, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Minggu (18/2).

Tiga program tersebut adalah upaya untuk menyelesaikan persoalan utama di Jawa Timur. Antara lain, PKH (Program Keluarga Harapan) Super, Mas Metal (Masyarakat Melek Digital), dan Seribu Dewi (Seribu Desa Wisata).

Ketua Tim Pemenangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Hikmah Bafaqih menjelaskan, PKH Super adalah program yang mengadopsi Program Keluarga Harapan (PKH) ciptaan Presiden Joko Widodo. Bedanya, istilah super merujuk ke sejumlah layanan tambahan. Antara lain, Jalin Matra Plus. Yakni, pemberian modal usaha untuk perempuan miskin. Kemudian, pemenuhan gizi untuk masyarakat miskin. Lalu, ada Kartu Jatim Sehat. Layanan tersebut ditujukan kepada keluarga yang belum memiliki jaminan kesehatan nasional.

Program kedua, adalah Mas Metal. Isinya, berupa inovasi digital di pelbagai bidang. Pertanian, kelautan, pendidikan, dakwah, kesehatan, perdagangan, dan industri. Hikmah mengatakan, salah satu inovasi digitalnya adalah memperluas jaringan internet dan literasi digital. Sehingga, mampu meningkatkan partisipasi publik. Terutama, tentang pengawasan tata kelola pemerintahan bersih dan transparansi berbasis digital.

Yang ketiga, adalah Seribu Dewi. Program tersebut bertujuan memperkuat pariwisata. Sehingga mampu menciptakan banyak lapangan kerja. Terkait program tersebut, Saifullah mengaku sudah berkomitmen untuk menciptakan 1.000 desa wisata baru. Temanya, tentang budaya, alam, reliji, agro, dan maritim. Tak hanya desa wisata. Dia juga akan membentuk dan memfasilitasi kelompok sadar wisata (pokdarwis) dengan sejumlah pelatihan. Antara lain, manajerial, digital marketing, dan akses modal usaha.

“Program-program ini dihidupkan dengan cara seperti ini agar mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Terutama kaum muda,” kata Hikmah di Maspion Square, Minggu (18/2).

Lebih lanjut, Hikmah mengatakan, tiga program bocoran tersebut akan melengkapi lima program lainnya. Antara lain, Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera), Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), dan Madin Plus Berkelanjutan. Menurutnya, Saifullah dan Puti sengaja memanfaatkan momen deklarasi kampanye damai yang digelar di Maspion Square.

Tujuannya, untuk menampilkan delapan program tersebut sekaligus. Rencananya, akan diarak dan ditampilkan dalam poster-poster. “Setiap program akan ada ikon dan logonya sendiri,” kata Hikmah.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (HDR/JPC)

Ini Bocoran Tiga Program Gus Ipul-Puti Yang Lain