alexametrics

Gus Ipul Jamin Tidak Ada Tekanan Saat Pilkada

18 Februari 2018, 16:37:37 WIB

JawaPos.com — Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur no urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno menjamin tidak akan ada tekanan dalam bentuk apapun saat pelaksanaan pilkada pada Juni mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan usai menandatangani deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur di Maspion Square, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Minggu (18/2).

Saifullah, yang akrab dipanggil Gus Ipul ini  sudah berkoordinasi dengan seluruh relawan dan kader agar selalu menjaga situasi dan kondisi. Supaya, pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. ”Pilkada damai adalah wujud demokrasi dengan suasana yang mengakomodir kebebasan kepada siapapun untuk menentukan pilihan. “Tidak pakai di tekan-tekan dan ngga perlu memanfaatkan alat negara,” kata Gus Ipul, kepada  wartawan, Minggu (18/2).

Dia merangkum upaya menciptakan pilkada damai dalam tiga poin penting. Pertama, upaya menciptakan keamanan. Sehingga, rasa aman tidak hanya akan memberikan dampak positif saat pilkada.

Tapi juga proses pembangunan, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Kedua, setelah tercipta pilkada yang damai, tentu akan menjadi inspirasi bagi setiap orang di Indonesia. “Sehingga, masyarakatnya bahagia. Yang ketiga, itu (pilkada damai) juga sebagai modal yang ada di Jawa Timur untuk memajukan Indonesia,” kata Saifullah.

Sementara itu, Puti juga menyampaikan orasinya terkait upaya menciptakan pilkada damai. Saat berorasi, dia menekankan pentingnya politik yang berkebudayaan.

Menurutnya, budaya Jawa Timur menekankan pentingnya penghormatan terhadap perbedaan. Karena, rasa persaudaraan dan perdamaian yang sudah mengakar di kalangan masyarakat. “Yang hadir saat ini adalah bukti kegotongroyongan kami. Jawa Timur akan jadi saksi damainya kampanye kami,” kata Puti.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gus Ipul Jamin Tidak Ada Tekanan Saat Pilkada