JawaPos Radar

4 Partai Baru Berebut 30 Persen Suara Mengambang

18/02/2018, 04:01 WIB | Editor: Yusuf Asyari
4 Partai Baru Berebut 30 Persen Suara Mengambang
Ilustrasi (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Empat partai baru yang dinyatakan memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019, menjadi tantangan untuk partai politik yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos. Partai tersebut adalah PSI, Nasdem, Berkarya, dan Perindo.

Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubeidillah Badrun mengatakan, merupakan sebuah tantangan untuk 10 partai lama yang memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019.

"Jadi artinya lolos empat partai baru itu adalah tantangan bagi partai lama yang bisa saja akan mengambil hati dari undecided voter (belum menentukan pilihan) atau suicide voter yang jumlahnya 20 sampai 30 persen," kata Ubeidillah saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (17/2).

Menurut Ubeidillah, partai baru yang akan mengikuti Pilpres 2019 mempunyai potensi suara 30 persen dari suara partai lama yang mungkin pindah.

"Maka peluang partai baru itu cukup tinggi, apalagi misalnya performa partai lama itu buruk, itu kemungkinan akan ada perpindahan pemilih dari partai lama ke partai baru," ungkap Ubeidillah.

Bahkan apabila dari ke-empat partai baru tersebut memiliki tokoh fenomenal, maka dimungkinkan elektabikitas partai tersebut akan cepat meningkat.

"Saya kira melihat dari ketokohan pengurus, kemudian pada program apa yang mampu masyarakat dapat tertarik," jelas Ubeidillah.

Sebanyak 14 parpol dianggap memenuhi syarat verifikasi di tingkat DPP, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Sementara itu, dari 16 parpol yang menjalani tahapan verifikasi hanya ada 2 partai yang tidak lolos, yakni PBB dan PKPI.

PBB dan PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat sebaran keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota masing-masing 34 provinsi di Indonesia. PBB dan PKPI merupakan partai lama yang ikut di Pemilu 2014.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up