alexametrics

PDIP Sangat Berharap Berkoalisi Dengan PAN di Putaran Kedua Pilkada DKI

18 Februari 2017, 12:08:15 WIB

JawaPos.com – Pilkada DKI Jakarta diprediksi bakal berlanjut ke putaran kedua. Apalagi hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menunjukkan tidak ada kandidat yang berhasil mencapai 50 persen.

Dengan demikian, partai-partai pengusung yang melaju ke putaran kedua berjibaku mencari tambahan kekuatan kepada parpol pengusung Agus Yudhoyono-Sylviana Murni yang tumbang di putaran pertama.

Seperti yang diupayakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berharap bisa berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), salah satu parpol pengusung Agus-Sylvi di putaran pertama.

Ketua DPP Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Trimedya Panjaitan beralasan berupaya meminta tambahan kekuatan ke PAN, karena pada pilkada serentak 2017 di 101 kabupaten, kota dan provinsi, PDIP banyak berkoalisi dengan PAN.

“Bukan tidak mustahil di Pilkada DKI (putaran kedua) PDIP dan PAN kembali bersama lagi,” ujar Trimedya dalam diskusi Sinema Politik Pilkada DKI di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/2).

Seperti diketahui, pasangan calon Agus – Sylvi yang diusung PAN bersama Demokrat, PPP dan PKB kalah di Pilkada DKI. Berdasar hasil hitung cepat (quick count) dan real count KPU DKI belum ada pasangan calon yang menembus 50 persen tambah satu. Sehingga Pilkada DKI berlanjut putaran kedua yang diikuti dua pasangan tertinggi, yakni paslon Basuki T Purnama – Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan – Sandiaga Uno. Sebelumnya pasangan Ahok-Djarot diusung oleh koalisi dari PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem. (uya/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
PDIP Sangat Berharap Berkoalisi Dengan PAN di Putaran Kedua Pilkada DKI