alexametrics

Duh, PDIP Minta KPU DKI Ganti Semua KPPS 

18 Februari 2017, 17:35:32 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengaku akan bersurat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta agar mengganti semua petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Usulan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, PDIP menemukan banyak pelanggaran dan kecurangan di saat pemungutan suara Rabu lalu (15/2). 

Salah satu pelanggarannya adalah petugas KPPS di tempat pemungutan suara (TPS) yang dibantu oknum RT dan RW. 

“Kami rekomendasikan semua petugas KPPS di DKI diganti. Secara resmi nanti kami akan sampaikan ke KPU dan Bawaslu DKI Jakarta,” kata Ketua DPP PDIP Trimedya Panjaitan di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/2). 

Contoh pelanggaran oleh petugas KPPS yang ditemukan PDIP yakni, melarang warga yang memiliki formulir C6 mencoblos. Tak hanya itu, formulir C6 juga dipegang oleh ketua RT dan RW dan tidak dibagikan ke warga. 

“Dari sekitar 13.300 TPS yang bermasalah dan bermain adalah mereka (petugas KPPS) dengan didukung Ketua RT dan RW,” terangnya.

PDIP, kata Trimedya, merasa dirugikan dengan pelanggaran dan kecurangan tersebut. Karenanya, rekomendasi mengganti petugas KPPS menurutnya adalah langkah tepat memperbaiki pilkada serentak 2017. 

“Karena Pilkada DKI menjadi contoh dan parameter Pilkada 2017, dimana daerah yang menyelenggarakan pemilihan lebih banyak. Kita harap KPUD jangan main-main dengan pilkada ini,” tegasnya. (uya/JPG)

Editor : Imam Solehudin


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Duh, PDIP Minta KPU DKI Ganti Semua KPPS