alexametrics
Pilbup Karanganyar 2018

Pemeriksaan Kesehatan Paslon Akan Libatkan Dokter Kandungan

18 Januari 2018, 19:38:36 WIB

JawaPos.com – Pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dipastikan bakal melibatkan dokter kandungan.

Hal ini dilakukan karena, salah satu Balon Wakil Bupati adalah seorang perempuan yakni Ida Retno Wahyuningsih.

Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi, Eko Haryati saat ditemui JawaPos.com di ruang kerjanya, Kamis (18/1) menjelaskan, keterlibatan dokter kandungan ini memang menjadi standar dalam pemeriksaan kesehatan bagi Balon kepala daerah.

“Ini untuk mengetahui dari sisi kandungannya, apakah ada kelainan atau tidak. Selain itu kandungannya apakah ada penyakitnya atau tidak,” terang dia.

Eko menambahkan, pemeriksaan kesehatan ini sangat penting mengingat nantinya mereka akan memimpin wilayah dalam jangka waktu lima tahun. Sehingga, kesehatan harus dilakukan pengecekan secara total termasuk juga kesehatan kandungannya.

“Untuk pemeriksaan kandungan ini kami sudah menyiapkan dua orang dokter kandungan,” katanya.

Sementara itu, untuk pemeriksaan atau medical check up (MCU), RSUD dr Moewardi akan melibatkan banyak dokter.

Hal ini karena, MCU sendiri juga meliputi beberapa bagian. Mulai dari pengecekan bebas narkoba, kesehatan mata dan mulut, jantung, bedah orto, laboratorium, radiologi, neurologi dan juga kesehatan lainnya.

Eko menambahkan, untuk MCU Balon Bupati dan Wakil Bupati dari Kabupaten Karanganyar ini diperkirakan akan berakhir lebih cepat dibandingkan dengan MCU dari Balon sebelumnya.

“Kalau ini kan yang diperiksa hanya dua pasang atau empat orang saja, jadi kemungkinan bisa selesai lebih cepat. Tetapi, kalau yang dulu kan tujuh pasang jadi rampungnya juga lebih lama,” tandas Eko.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)




Close Ads
Pemeriksaan Kesehatan Paslon Akan Libatkan Dokter Kandungan