JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pilpres 2019

Fadli Zon Nge-Tweet #PetrukJadiRaja, Erick Thohir Sekakmat Begini

17 November 2018, 15:20:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
Fadli Zon Nge-Tweet #PetrukJadiRaja, Erick Thohir Sekakmat Begini
Jika benar Jokowi menjadi raja, Erick justru akan menjadi orang pertama yang keluar dari koalisi petahana. (istimewa)
Share this

JawaPos.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon melontarkan kritik atas poster yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bak seorang raja. Bahkan dalam tweet di akun twitter resminya, Fadli mencantumkan tagar #petrukjadiraja.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir pun mengaku heran ada orang yang melambangkan Jokowi sebagai seorang raja. Pasalnya, secara nasional, saat ini tidak ada lagi raja di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya rasa sistem negara kita demokrasi, pemilihan Presiden itu dibatasi dua kali. Jadi, saya agak bingung kok tiba-tiba jadi raja," ujar Erick di Sekretariat Jokowi Center Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/11).

Pengusaha kondang itu menilai tidak setuju dengan anggapan bahwa Jokowi seorang raja. Bahkan, jika hal itu benar, Erick justru akan menjadi orang pertama yang keluar dari koalisi petahana.

"Kalau dia jadi (Jokowi, Red) Presiden seumur hidup atau jadi raja, ya mungkin saya orang pertama yang mundur dari TKN, karena saya percaya demokrasi," tegasnya.

Meski demikian, pendiri Mahaka Grup itu tidak memungkiri bahwa masih banyak yang perlu dibenahi dalam sistem demokrasi di Indonesia. Namun, hal itu bukan semata-mata menjadi justifikasi sistem kerajaan didirikan.

"Setelah orde baru terjadi demokrasi terbuka, meski di sana-sini masih harus ditingkatkan dan perlu banyak diperbaiki. Karena kita juga tidak mau yang namanya kebablasan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Erick menilai bahwa sistem kerajaan tidak sesuai dengan demokrasi. Sehingga ia mengaku tidak setuju jika Jokowi disamakan sebagai seorang raja.

"Kasihan rakyat, akhirnya nanti kekuasan itu dipegang kelompok elitis. Nah itu nggak mau saya, yang namanya demokrasi kan terbuka," pungkasnya.

Diketahui, melalui akun twitternya @fadlizon menyinggung soal pemasangan poster Jokowi dengan tampilan seperti seorang raja. Dalam cuitannya Fadli menyebut bahwa sistem kerajaan bertentangan dengan konstitusi.

"Apakah ada yang ingin RI menjadi kerajaan sehingga harus membuat poster Raja? Tentu ini bertentangan dengan konstitusi kita ya? Apalagi ini tak ada nasab/trah keturunan Raja. Inilah bahayanya Petruk Jadi Raja. #petrukjadiraja," tulis Fadli.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up