JawaPos Radar

Hari Terakhir Pendaftaran, KPU Sulsel 'Diserbu' Pengurus Parpol

17/07/2018, 19:07 WIB | Editor: Budi Warsito
Hari Terakhir Pendaftaran, KPU Sulsel 'Diserbu' Pengurus Parpol
: Kondisi kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, yang disambangi pengurus parpol, Selasa (17/7). (Sahrul Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Memasuki hari terakhir masa pendaftaran calon untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) diserbu puluhan pengurus partai politik (Parpol), Selasa (17/7).

Pantauan JawaPos.com di lokasi, dari siang menjelang sore ini, mereka bergiliran menyerahkan dokumen daftar calon syarat pencalonan para calon legislatif (Caleg) ditingkat provinsi, di 11 daerah pemilihan (Dapil).

Hingga pukul 16.00 WITA, sudah ada lima parpol yang mendaftar. Pengurus PDI Perjuangan lebih dulu datang ke Kantor KPU Sulsel yang berada di Jalan AP Pettarani Makassar. Mereka datang pada pukul 11.00 WITA. Kemudian, disusul Golkar, PKB, Demokrat dan Gerindra.

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, sembilan parpol sudah mengkonfirmasi pendaftaran pada har ini. "Sedangkan lima lainnya belum ada penyampaian, belum diafirmasi itu, masing-masing ada Garuda, PKS, PPP, PSI dan PKPI," kata Asrar di kantornya, Selasa (17/7).

Pendaftaran sendiri ditegaskan Asrar, akan berakhir malam nanti. Tepatnya pada pukul 24.00 WITA. Asrar memastikan, KPU tidak memberikan kebijakan tambahan terkait tenggat pendaftaran caleg. Parpol dianggap tidak mendaftar jika terlambat.

"Mereka harus datang hari ini, karena tidak ada kebijakan perpanjangan. Kembali ke parpol masing-masing, sedangkan kami hanya menunggu di kantor KPU," ujarnya.

Usai tahap pendaftaran caleg tingkat provinsi, masih ada sejumlah tahapan. Asrar menyebutkan, berkas yang masuk akan diverifikasi administrasi hingga (18/7). Setelah itu seluruh parpol diberi kesempatan mengajukan perbaikan berkas. Puncaknya penetapan daftar calon tetap (DCT) pada 21-23 September mendatang.

"Kami menyediakan kuota 85 orang calon legislator bagi setiap parpol, yang tersebar di seluruh dapil. Jadi masing-masing maksimal mendaftarkan 100 persen dari jumlah kursi DPRD Sulsel," tutup Asrar.

Sebelumnya dua parpol lain lebih dulu mendaftar. Yakni NasDem pada Senin (16/7) kemarin dan Perindo, Minggu (15/7).

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up