JawaPos Radar

Baru 10 Parpol di Kota Malang Daftarkan Bacalegnya ke KPU

17/07/2018, 21:38 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pendaftaran Bacaleg Kota Malang
DAFTAR CALEG: Pengurus PAN saat mendaftarkan bacalegnya di KPU Kota Malang, Selasa (17/7). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dari total 16 partai politik (parpol) yang akan berlaga pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019, baru 10 parpol yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Selasa (17/7). Padahal, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengatakan, hingga pukul 17.00 WIB, sudah ada 10 parpol yang mendaftar. Antara lain Partai Berkarya, Partai Nasdem, Partai Perindo, PAN, PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, dan Gerindra. 

Zaenudin mengatakan, sebagian besar partai politik mendaftarkan bacalegnya pada saat-saat injury time, atau hari terakhir pendaftaran. Padahal, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 4 Juli lalu. Menurutnya, hal itu dikarenakan para parpol tersebut masih melengkapi berkas. "Mereka masih melengkapi berkas. Padahal surat-surat lain bisa menyusul," ujarnya, Selasa (17/7). 

Pada pendaftaran ini, bacaleg harus menyiapkan dokumen yang memuat syarat pencalonan dan syarat calon sebagaimana telah diatur didalam Undang-undang UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu serta PKPU 20 Tahun 2018.

Dia pun berharap, semua parpol bisa mendaftarkan bacalegnya pada hari ini. KPU sendiri masih membuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB. Jika lebih dari itu, otomatis dianggap gugur.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN, Dito Arief menyampaikan, alasan pihaknya baru melakukan pendaftaran di hari terakhir karena masih menyeleksi siapa bacaleg yang akan didaftarkan. "Untuk rekrutmen caleg di PAN, kami selektif betul. Jadi ada caleg-caleg yang punya potensi suara. Jadi tidak hanya sekedar memenuhi kuota," ujarnya.

Dia mengatakan, dari 45 caleg atau 100 persen caleg yang didaftarkan mempunyai potensi suara semua. "Dan di setiap dapil, punya potensi untuk minimal satu kursi. Kami targetkan satu kursi per dapil," jelasnya.

Secara keseluruhan akumulasi, lanjut Dito, pihaknya menargetkan memperoleh 40 ribu suara. Sehingga bisa masuk empat besar pemenang pemilu legislatif 2019.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up