alexametrics
Pilpres 2019

Jika Presidential Threshold Nol Persen, Zulhas: PAN Gudang Capres

17 Juni 2018, 17:55:49 WIB

JawaPos.com – Gugatan uji materi ambang batas pencalonan presiden (Presidential Threshold) terus menuai pro dan kontra. Ketentuan itu diatur dalam Pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Jika nantinya permohonan ini dikabulkan, persyaratan pengajuan calon presiden hanya 0 persen suara saja. Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, pihaknya mendukung hal tersebut.

“Dulu saya nolak 20 persen, saya walk out karena saya berpendapat PT 20 persen itu dulu itu tidak sesuai dengan UU. Karena itu hasil pemilu yang lalu makanya saya walk out,” kata Zulhas pasca menghadiri acara pulang Basamo Ikatan Warga Saniangbaka di Masjid At-Tin, Jakarta, Minggu (17/6).

Jika Presidential Threshold Nol Persen, Zulhas: PAN Gudang Capres
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (dok. JawaPos.com)

Menurut Ketua MPR itu, apabila gugatan tersebut dikabulkan MK, maka peluang partainya mengajukan calon presiden semakin terbuka lebar. Apalagi, katanya, partai berlambang matahari ini memiliki banyak figur yang dapat ditandingkan.

“Kalau bisa (mengajukan) sendiri kenapa tidak kan? PAN gudang capres, di PAN ada Zulhas, Soetrisno, Pak Hatta, Pak Amien,” tutupnya.

Sebelumnya, mantan komisioner KPU Hadar Nafis Gumay dan elemen masyarakat mengajukan gugatan uji materi Pasal 222 UU Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam gugatannya, dirinya meminta Presidential Threshold hanya nol persen.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (aim/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
Jika Presidential Threshold Nol Persen, Zulhas: PAN Gudang Capres