alexametrics

Awal Puasa, Khofifah Ikut Pantau Harga Pangan

17 Mei 2018, 15:09:26 WIB

JawaPos.com – Aktivitas blusukan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berlanjut. Hari pertama puasa Ramadan, Khofifah menyambangi sejumlah pasar tradisional di Surabaya.

Kunjungan Khofifah bukan sekadar untuk navigasi program. Melainkan sekaligus ingin mengetahui secara langsung terhadap beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

Khofifah mendapati dua komoditi pangan mengalami kenaikan harga di Pasar Pahing, Rungkut Kidul, Surabaya. Yakni, daging ayam dan telor ayam. “Harga ayam cukup tinggi menurut pembeli. Beberapa harga bumbu-bumbu itu juga mengalami kenaikan,” kata Ketua Umum Muslimat NU itu, Kamis (17/5).

Setiap awal Ramadan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok seakan tak terelakkan. Hal itu dikarenakan tingginya jumlah permintaan. Di sisi lain, pemasoknya tetap atau bahkan berkurang. “Kalau demand tinggi, suplai tetap, ya biasa kemudian ada penyesuaian harga,” terang mantan Menteri Sosial (Mensos) periode 2014-2018 ini.

Namun kali ini, tidak banyak bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. Karena beberapa kebutuhan juga sudah disuplai dengan lancar oleh Bulog. Hanya bahan pangan non-utama yang mengalami kenaikan harga.

“Kalau awal Ramadan kan ingin makan dengan menu yang mungkin sedikit bergizi, gitu kan. Jadi kebutuhan telor, kebutuhan ayam, meningkat,” ujar Khofifah.

Selain blusukan ke Pasar Pahing, Khofifah juga menyasar dua pasar lainnya. Masing-masing Pasar Dupak Grosir, Surabaya, dan Pasar Banyu Urip, Surabaya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Awal Puasa, Khofifah Ikut Pantau Harga Pangan