alexametrics

Wali Kota Malang Akui Kesulitan Mencoblos karena Surat Suara Terlalu Besar

17 April 2019, 13:36:48 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Malang Sutiaji beserta keluarganya ikut menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019, Rabu (17/4). Dia nyoblos di TPS 02 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru.

Sutiaji tampak didampingi istrinya, Widayati dan ketiga anaknya. Mereka kompak mengenakan baju bernuansa denim saat datang ke TPS sekitar pukul 09.45 WIB. Ketika berjalan menuju TPS, dirinya juga menyempatkan untuk menyapa warganya.

“Gimana bu, sampun nyoblos (sudah memilih)?” tanya Sutiaji kepada salah seorang warga.

Sesampainya di TPS, Sutiaji langsung melakukan pendataan dan mendapat 5 surat suara. Dia bersama istri mencoblos di bilik suara yang bersebelahan. Usai mencoblos, orang nomor satu di Kota Malang itu mengaku sempat kesulitan.

“Kesulitannya itu adalah pada saat mau mencoblos, kertasnya banyak dan besar. Mau bukanya itu sedikit kesulitan,” ujarnya.

Menurutnya, bisa jadi kerusakan pada surat suara juga diakibatkan oleh orang yang merasa kesulitan dan malas membuka surat suara. “Kalau orang tua pastinya akan merasa kesulitan dan yang malas (buka) langsung aja itu coblos. Kerusakan karena malas membuka,” kata dia.

Tak hanya itu, Sutiaji juga mengaku kesusahan saat mengembalikan surat suara ke posisi semula. “Karena menjaga kerahasiaan dan butuh waktu. Belum lagi harus detail. Terutama mungkin pelipatannya,” ujarnya.

Sutiaji berharap pemilu kali ini ada perubahan sistem. Salah satunya terkait pengetatan partai baru untuk menyuarakan di DPR RI. “Harapannya demikian, nggak menyulitkan masyarakat yang harus memilih,” terangnya.

Setelah melakukan coblosan, Sutiaji kemudian melakukan pengecekan di TPS yang ada di sebelah TPS tempat dirinya mencoblos. Selanjutnya, dia bersama Polres Malang Kota juga akan meninjau TPS lain yang kemungkinan terjadi kerawanan.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fisca Tanjung

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads