alexametrics

Situasi Aman, Polri Tetap Kawal Pemilu Sampai Tuntas

17 April 2019, 18:24:15 WIB

JawaPos.com – Polri mengklaim situasi pemilihan umum (Pemilu) mulai dari Polda Aceh sampai Polda Papua secara umum sangat kondusif. Namun antisipasi terhadap potensi gangguan tetap dilakukan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, potensi gangguan itu antara lain perampasan surat suara, pengancaman, penganiayaan terhadap petugas TPS dan KPPS, pembakaran, pengrusakan sampai terjadinya bentrok.

“Itu fokus yang diantisipasi, mitigasi oleh aparat kepolisian bersama TNI,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/4).

TPS Horor Lebak Bulus – Issak Ramdhani/ JawaPos.com

Mengantisipasinya, Polri dan TNI menggencarkan kegiatan patroli. Sejalan dengan itu, masyarakat diimbau untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan, ronda-ronda di kampung dihidupkan kembali dalam rangka menjaga kondusivitas baik di tingkat daerah maupun secara nasional.

Dedi menuturkan, pengamanan akan terus dilakukan hingga rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Tentunya Polri bersama TNI terus akan mengawal proses perhitungan surat suara di tiap-tiap TPS,”

Saat ini untuk Pilpres katanya sudah selesai. Pengamanan selanjutnya terfokus pada penghitungan DPR RI, DPR Provinsi, DPR Kabupaten/Kota, dan DPD.

Selesai perhitungan di TPS, Polri juga masih mengamankan dan mengawal seluruh surat suara dari TPS ke PPK dan PPK ke tingkat kabupaten, selanjutnya dikirim ke tingkat provinsi.

“35 hari setelah tanggal 17 ini , kita masih ada agenda juga mengamankan perhitungan secara nasional di KPU,” jelasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads