alexametrics
Pemilu 2019

Prabowo: Pendukung Saya Selalu Tertib dan Damai, Tapi Jangan Dicurangi

17 April 2019, 10:28:18 WIB

JawaPos.com – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengimbau seluruh pendukungnya untuk menjaga kondusivitas demokrasi dalam pemilihan presiden 2019 kali ini. Mantan Danjen Kopassus itu juga meminta penyelenggara pemilu dan pemerintah untuk tidak melakukan kecurangan dalam pelaksanaan pemilu.

Demikian disampaikan oleh Prabowo usai melaksanakan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 41, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Babakan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/4). Dalam kesempatan itu, dia memuji militansi dari para pendukungnya.

“Sudah dibuktikan berkali-kali pendukung saya selalu tertib dan damai. Tapi, juga kami tidak ingin dibohongi dan tidak ingin dicurangi ya,” kata Prabowo kepada awak media.

Sejatinya menurut Prabowo, kondusivitas para pendukungnya telah dibuktikan sejak pelaksanaan kampanye akbar sejak satu bulan lalu. Terakhir, kampanye akbar yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menunjukkan bahwa pendukungnya adalah orang-orang yang tertib.

“Berkali-kali kami kumpul, jutaan. Dalam dua jam, sampah semua bersih, tidak ada. Kami ingin benar-benar ini (pemilu) terhormat dan damai. Kami tidak mau ada yang tidak baik,” terangnya.

Lebih lanjut, Prabowo meminta pemerintah untuk bisa menjamin tak adanya kerusuhan dalam pelaksanaan pemilu kali ini. Sebagai pemegang kekuasaan, sudah seharusnya pemerintah dapat menjamin tidak adanya kecurangan dalam pemilu.

“Saya tidak punya kekusaan, saya hanya menjalankan. Saya hanya katakan sejarah mengajarkan, sejarah negara lain, kalau pemilu harus damai. Pemilu harus bersih dan tidak ada kecurangan baru bisa damai,” tuturnya.

Prabowo juga menyindir penyelenggara pemilu yang berintegritas. Dia pun mengibaratkan pemilu seperti pertandingan sepak bola.

“Nah, sekarang saya selalu ibaratkan main sepak bola di tingkat kecamatan. Kalau wasitnya berat sebelah, pasti kesebelasan itu tidak puas. Penonton yang pendukung kesebelasan itu tidak puas, kalau tidak puas bagaimana saya bisa jamin (pendukung tidak marah)? Saya kan tidak punya kekuasaan,” imbuhnya.

Setelah ini, Prabowo direncanakan bakal memantau hasil hitung cepat atau quick count di kediamannya Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Dia akan ditemani oleh elite partai politik koalisi dan jajaran tim pemenangannya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads