alexametrics

Jokowi-Ma’ruf Amin Menang di TPS Markas FPI

17 April 2019, 15:37:08 WIB

JawaPos.com – Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memperoleh suara terbanyak dari pesaingnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di dua TPS markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan IV, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Dua TPS di Petamburan itu yakni TPS 044 dan TPS 44. Berdasarkan pantauan JawaPos.com, tercatat Jokowi-Ma’ruf meraih 159 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga 41 suara.

Begitu juga di TPS 45, tempat Imam Besar FPI Rizieq Shihab dan keluarganya terdaftar sebagai pemilih tetap, pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat 98 suara, sementara Prabowo-Sandiaga hanya mendulang 79 suara. Dari total pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 178 orang. Hanya satu suara yang dinyatakan tidak sah.

Pada kertas yang ditempel di papan informasi TPS 45, nama Rizieq terpampang di urutan 189 dengan nama Moh. Rizieq. Kendati demikian, form C6 milik Rizieq dikembalikan ke KPPS kelurahan setempat

Akan tetapi, karena sudah mencoblos di Arab Saudi, form C6 milik Rizieq dikembalikan KPPS ke kelurahan setempat. Mengingat hak pilihnya sudah digunakan untuk mencoblos di Arab Saudi.

TPS Markas FPI memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin dibandingkan Prabowo-Sandiaga. (Wildan Ibnu Walid/ JawaPos.com)

Ketua KPPS TPS 45, Jeky Mareno mengatakan, nama Rizieq Shihab masih terdaftar di TPS 45 Petamburan. Karena sudah membuat membuat form A5 untuk menunaikan hak pilihnya di Arab Saudi, maka form C6 Rizieq dikembalikan ke Kelurahan Petamburan.

“Beliau (Rizieq) tidak memilih di sini (TPS 45), surat formulir C6 beliau sudah dikembalikan lagi ke kelurahan,” kata dia.

“Hasilnya, selisih kedua paslon ini 19 suara. Paslon nomor 01 mendapatkan suara sebanyak 98, sedangkan paslon 02 mendapatkan suara 79 suara,” imbuhnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua